Pemerintah Kabupaten Nias Klaim Sudah Memberikan Pendampingan Pada Kasus Anak Di Idanogawo

oleh -323 views
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nias, Dahlanroso Lase.

NIAS, Jumat (3/12/2021) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Nias melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias, Dahlanroso Lase mengklaim jika Pemerintah Daerah melalui P2TP2A telah memberikan pendampingan hukum kepada korban tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur yang terjadi di Kecamatan Idanogawo.

“Dari sudut tindak pidana yang terjadi pihak Pemerintah Kabupaten Nias tidak dapat melakukan intervensi hukum, namun sesuai aturan yang ada Pemerintah Kabupaten Nias telah melakukan pendampingan terhadap korban tindak pidana kejahatan seksual yang terjadi di Kecamatan Idanogawo. Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Kabupaten Nias bersama Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) wilayah Nias sedang melakukan pendampingan terhadap korban dan yang diduga pelaku yang masih berusia dibawah umur,” jelas Dahlanroso Lase saat ditemui di kantornya, Jumat (3/12).

Lebih lanjut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nias itu mengatakan jika saat ini kasus tersebut sedang di tangani Polres Nias.

“Kasus ini sudah ditangani oleh unit PPA Polres Nias, tentunya akan mengikuti proses hukum yang sedang berjalan dengan senantiasa mengedepankan UU Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dan UU Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Sistem Peradilan Anak. Pendampingan kepada korban dan keluarga senantiasa mempertimbangkan aspek kesehatan, psikososial, pendidikan anak serta hak-hak anak,” ucap Dahlanroso.

Kadis Kominfo juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah bersama dengan Lembaga DPRD selama ini memiliki kepedulian yang besar terhadap perlindungan anak di Kabupaten Nias, yang dibuktikan dengan penetapan Peraturan Daerah Kabupaten Nias Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Anak menuju Kabupaten layak anak.

Diakhir penjelasannya, juru bicara Pemerintah Kabupaten Nias itu mengatakan jika hari ini pihak Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Kabupaten Nias bersama Kepala Desa setempat akan mengunjungi keluarga korban.

Reporter : Topan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan