Pelindo III Surabaya Juara Umum Porseni Pelindo 2015

oleh
Direktur SDM & Umum Pelindo III Toto Heliyanto diangkat oleh atletnya usai menjuarai Porseni Pelindo 2015

Surabaya, Suara Indonesia-News.Com – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III yang berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur, dipastikan menjadi pemenang ajang Pekan Olahraga dan Seni Pelabuhan Indonesia (Porseni Pelindo) 2015 yang diselenggarakan di Medan, Sumatra Utara, 1-4 November. Kompetisi tiga tahunan tersebut diikuti oleh lebih dari 500 atlet pegawai dari BUMN kepelabuhanan nasional, yakni Pelindo I, II, III, dan IV. Ada tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni golf, futsal, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, bola voli, mini marathon, dan satu lomba seni yaitu vocal group.

Pelindo III merebut gelar juara umum dari Pelindo II sebagai juara bertahan dengan mengumpulkan medali terbanyak, yakni sejumlah 21 emas, 5 perak, dan 13 perunggu (klasemen sementara hingga RAbu (4/11) siang). Jumlah ini sudah tidak mungkin terkejar oleh Pelindo II yang berada di urutan kedua.

“Ada 144 atlet yang diterbangkan ke Medan dari berbagai wilayah kerja Pelindo III yang tersebar di 7 provinsi, untuk berpartisipasi dalam Porseni Pelindo 2015 ini”, kata Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heliyanto usai pertandingan final bola voli di Gelanggang Remaja Medan, Rabu (4/11).

Pelindo III telah berlatih keras dalam mempersiapkan atletnya untuk mengikuti kompetisi yang mengangkat tema “Sehat, Bekerja Bersama” tersebut. Para atlet yang terseleksi telah diikutkan dalam program Training Center di Surabaya selama beberapa hari.

“Mereka juga berlatih tanding dengan sejumlah klub olahraga profesional untuk memantapkan mental dan skill bertanding. Contohnya tim bola voli yang telah dijajal kekompakannya untuk menghadapi tim bola voli Koarmatim TNI-AL dan Klub Nanggala dari Surabaya,” ungkap Direktur yang aktif mendampingi kontingennya selama berlaga di Medan itu.

Persiapan matang tersebut tampaknya berbuah manis, atlet Pelindo III mendominasi dalam beberapa cabang olahraga, seperti atletik yang menyumbangkan 6 emas, 1 perak, dan 3 perunggu dari 24 medali yang diperebutkan. Dari lapangan golf, atlet Pelindo III menyabet 4 emas dan 2 perunggu. Pada olahraga raket, tenis lapangan, terjadi ‘All Pelindo III Final’ pada ganda putra veteran antara Roby Dayoh yang berpasangan dengan  Muslichin melawanan koleganya Bambang Hermanto dan Agus Harianto.

Bahkan pada cabang olahraga bola voli, 2 emas dikawinkan oleh tim bola voli putra dan putri Pelindo III. Pertandingan final bola voli putra antara Pelindo III dengan Pelindo I berlangsung seru, baik adu smash di lapangan maupun adu riuh para pendukung kedua tim dari tribun penonton di Gelanggang Remaja Medan. Tim bola voli putra Pelindo III akhirnya berhasil menjinakkan tim tuan rumah Pelindo I dengan skor 3-0. Begitu pula tim putri Pelindo III yang menundukkan Pelindo II dengan skor yang sama.

“Semoga prestasi di bidang olahraga dan kesenian ini dapat menularkan energi positif dan semangat kreasi inovasi kepada seluruh insan Pelindo III dalam bekerja untuk meningkatkan produktivitas logistik di Tanah Air,” ujar Toto Heliyanto yang diarak oleh atletnya saat perayaan kemenangan siang tadi.

Kompetisi persahabatan di bidang olahraga dan kesenian dari empat BUMN kepelabuhanan nasional tersebut juga menjadi arena seleksi atlet untuk kompetisi olahraga antarinstitusi kepelabuhanan di level Asia Tenggara, APA Sports Meet 2016 di Vietnam, tahun depan.

“Atlet terbaik dari sini (Porseni Pelindo 2015 ­–red), akan dikirim ke Ho Chi Minh City untuk bersatu sebagai Kontingen Pelabuhan Indonesia. Karena atlet terbaik dari Pelindo I, II, III, IV merepresentasikan wilayah operasinya dari pelabuhan di Lhokseumawe di Aceh sampai Merauke di Papua. Ini juga wujud perhatian BUMN pada perkembangan olahraga Indonesia”, tambahnya.

Pada prosesi defile saat upacara pembukaan di Gedung Serba Guna UNIMED, Minggu (1/11) lalu, Kontingen Pelindo III tampil simpatik. Ketua Kontingen bersama sepasang muda-mudi dengan pakaian khas Banyuwangi naik ke panggung VIP memberikan sejumlah buket bunga untuk para Komisaris dan Direksi Pelindo I-IV yang hadir.

“Aksi simpatik tersebut kami lakukan pada setiap penyelenggaraan. Bahkan kami juga memberikan buket bunga jika ada keberatan atas keputusan wasit atau permainan kurang apik dari lawan bertanding,” kata Toto Heliyanto di sela acara tersebut. Ternyata kunci sukses Pelindo III menjuarai Porseni Pelindo  2015 bukan cuma persiapan yang matang, tetapi juga menjadi rekan bertanding yang baik dan simpatik.(Adhi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *