Pelayanan Kesehatan Meresahkan Masyarakat, DKR Gelar Audiensi Ke Dinkes Bangkalan

oleh -46 views
Kanan, Sudiyo Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan diaula dinkes setempat. (Foto: Anam/SI).

BANGKALAN, Rabu (07/10/2020) suaraindonesia-news.com – Beragamnya permasalah seputar pelayanan kesehatan yang meresahkan masyarakat membuat puluhan pengurus Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur dari beberapa Kecamatan datangi Kantor Dinkes setempat. Rabu (07/10).

Kedatangan puluhan pengurus DKR yang dikemas dengan agenda audiensi tersebut membahas perihal kegelisahan masyarakat dalam menerima pelayanan kesehatan baik melalui puskesmas maupun RS swasta.

Pada Surat audiensi yang di tandatangani Muhyi, Ketua DKR Bangkalan diketahui ada beberapa persoalan yang selama ini sudah dinilai perlu segera mendapatkan solusi sehingga persoalan tersebut diharapkan tidak lagi terjadi.

“Dengan ini kami memberitahukan bahwa Pengurus Dewan Kesehatan Rakyat Kabupaten Bangkalan akan melakukan audiensi terkait permasalahan yang meresahkan dan membuat gelisah rakyat yaitu, Pelayanan dipuskesmas, RS Swasta dan RSUD, Biakes Maskin, Jampersal, Dokter jaga tidak standby 24 jam,” tulisnya.

Lebih lanjut saat dikonfirmasi paska agenda audiensi Muhyi mengungkapkan berbagai info persoala pelayanan yang diterima pihaknya diantaranya yakni dampak dari dokter jaga dipuskesmas.

“Jadi kemaren itu berawal dari informasi dari temen-temen pers juga bahwa mendampingi salah satu pasien ternyata dilayani oleh bukan dokter-dokter jaga, melainkan oleh salah satu perawat, hal itu menjadi spesial karena memang kita tidak bisa memastikan tingkat akurasi ketika yang mengadakan pengecekan, mengadakan penyuntikan tindakan medis itu adalah perawat bukan dokter,” kata Muhyi.

Dari hal tersebut Muhyi bertujuan selain pelayanan-pelayanan yang lain juga terkait dengan upaya dari Dinkes agar bisa mengupayakan disetiap rumah sakit, disetiap puskesmas itu bisa ada dokter jaga 24jam.

“Harapan saya tentu seperti yang telah saya sampaikan saat diaudiensi, bahwa semoga nantinya progres untuk pengadaan dokter jaga 24jam di semua puskesmas di Kabupaten Bangkalan ini segera tereksekusi segera bisa terealisasi agar masyarakat tidak was-was bahkan bisa mendapatkan pelayanan maksimal dan itu juga menjadi harapan seluruh teman-teman dan masyarakat dibawah,” katanya.

“Harapan kita tadi seperti progres yang telah disampaikan oleh bapak Kepala Dinas bahwa dalam 6 bulan ini akan ada progres untuk pemenuhan dokter jaga 24jam disemua puskesmas di Kabupaten Bangkalan nanti kita akan evaluasi selanjutnya, terimakasih,” ujar Muhyi.

Sementara menanggapi tujuan serta harapan dari audiensi anggota DKR, Sudiyo S.Kep., Ns. mengaku mengapresiasi pada anggota DKR yang dinilai bersedia mengoreksi kinerja pelayanan Dinkes sehingga akan semakin baik dan sesuai dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Jadi yang pertama seperti yang saya sampaikan tadi ini memang yang saya tunggu, saya sangat berterima kasih telah dikoreksi ini kan bukan terjadi kesalahan tapi koreksi kinerja, jadi ini yang saya tunggu jadi kelemahan-kelemahan kami dibawah kadang-kadang tidak ketahuan maka dari itu perlu kita tidak lanjuti,” papar Sudiyo.

Reporter : Anam
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *