Peduli Lingkungan, Bupati Tanjab Barat Tanam Pohon Mangrove

oleh -23 views
Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial saat menanam pohon mangrove

TANJAB BARAT, Jumat (01/03/2019) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi melaksanakan Jumat bersih serta penanaman pohon mangrove, Jumat (01/03) sekira jam 08.00 wib.

Pelaksanaan tersebut dipusatkan disepanjang jalan menunju pelabuhan roro, Tungkal 1, Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. kegiatan ini bertujuan untuk memberikan contoh langsung kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan dan hidup sehat dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam acara tersebut, bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS juga melaksanakan penanaman pohon magrove bersama Sekda Drs.H. Ambok Tuo MM, para Asisten, Staf Ahli, OPD, Para Kabag dan instansi vertikal.

Menurut Safrial, penanaman pohon mangrove adalah bagian dari program pemerintah yang harus kita laksanakan.

“Program ini berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem prioritas, dan juga sejalan dengan upaya yang sedang dilakukan oleh pemerintah mengenai peduli lingkungan hidup,” ujar Bupati.

Bupati Tanjung Jabung Barat saat di wawancarai menyampaikan, gotong royong penanaman pohon mangrove hari ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

“Pohon mangrove bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal didaerah dekat pantai, yakni mencegah abrasi dan tsunami, serta penyerapan air laut ke daratan,” terangnya.

Oleh karena itu, kata Safrial, upaya-upaya pelestarian hutan mangrove perlu terus digalakkan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai dan salah satunya Kabupaten Tanjab Barat yang tidak jauh dari pesisir pantai dan laut.

“Pohon mangrove yang ada di Tanjung Jabung Barat sudah banyak yang rusak bahkan ada yang mati, kita harus mulai mejaganya bahkan harus menanamnya kembali,” pintanya.

Kedepannya Safrial berharap agar kegiatan gotong royong penanaman pohon mangrove, pemeliharaan dan penjagaan pohon mangrove akan terus berlanjut.

Safrial juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kelestarian alam. Serta ikut penjaga pohon mangrove yang ada diarea sekitar.

“Program Jumat Bersih ini menjadi fokus utama untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Tidak dilingkungan perkontoran saja, tetapi juga diharapkan sampai ke Desa-desa dengan melibatkan seluruh perangkat Desa serta elemen masyarakat,” tukasnya.

Reporter : Yatib
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *