Pasien Positif Covid-19 Tanpa Gejala Isolasi Di Rumah, Direktur RSUD Gunungsitoli : Pemkot Gusit Harus Siapkan Ruang Isolasi Mandiri

oleh -1.028 views
Alur pemeriksaan Virus Covid-19.

NIAS, Minggu (21/6/2020) suaraindonesia-news.com – Pasien Positif Covid-19 tanpa gejala isolasi mandiri di rumah, atau di hotel atau tempat lainnya yang disiapkan Pemerintah Daerah setempat.

Hal ini disampaikan Direktur RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias, dr. Julianus Dawolo, M.Kes kepada suaraindonesia-news.com.

“Pada penanganan Covid-19 sudah ditentukan mekanisme bagi pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala itu di isolasi mandiri di rumah, positif Covid-19 memiliki gejala ringan di isolasi mandiri di rumah, tapi jika positif Covid-19 memiliki gejala sedang dirawat di RS Darurat Covid-19, dan jika pasien positif Covid-19 mengalami gejala berat di rawat di rumah sakit rujukan Covid-19,” jelas dr. Julianus.

Julianus mengatakan jika aturan ini berlaku untuk semua daerah dan saya yakin Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli mengerti dengan mekanisme tersebut.

“Mekanisme perawatan pasien Covid-19 jelas, saya yakin Kadis Kesehatan Kota Gunungsitoli mengerti mekanisme ini,” harap Julianus.

Lebih lanjut direktur RSUD Gunungsitoli menjelaskan alur lain untuk perawatan pasien positif Covid-19.

“Jika Pemerintah Kota Gunungsitoli belum ada ruang isolasi mandiri, maka saya sarankan kepada Kadis Kesehatan untuk menyurati Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Nias agar pasien dapat di rawat di RSUD Gunungsitoli. Alternatif lain, Pemkot Gunungsitoli juga bisa sewa hotel atau mengosongkan satu ruangan di puskesmas untuk di jadikan tempat isolasi positif Covid-19 yang tidak memiliki gejala,” ucap Julianus menyampaikan saran.

dr. Julianus Dawolo juga menyampaikan bahwa masing masing Kabupaten Kota memiliki kewajiban untuk menyediakan rumah isolasi mandiri, bisa hotel atau mengalihfungsikan sebuah Puskesmas/Pustu atau Polindes.

Diakhir penyampaiannya, Direktur RSUD Gunungsitoli berharap agar Kadis Kesehatan Kota Gunungsitoli dapat menjemput pasien positif Covid-19 tanpa gejala di RSUD Gunungsitoli.

“Saya berharap Kepada Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli segera menjemput pasie RL untuk di Isolasi di Puskesmas/Pustu/Polindes karena sesuai ketentuan yang dirawat di RS hanya yang bergejala sedang dan berat,” harap pimpinan RSUD Gunungsitoli itu.

Hingga berita ini di tayangkan kadis Kesehatan Kota Gunungsitoli belum menjawab konfirmasi media ini.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *