Pasien Positif Covid-19 di Kota Batu Bertambah Jadi Tiga Orang

oleh -1.160 views
M Chori Jubir Satgas Penanggulangan Covid-19 kota Batu.

KOTA BATU, Minggu (26/4/2020) suaraindonesia-news.com – Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 kota Batu Muhammad Chori mengkonfirmasi pasien Positif Corona atau Covid-19 di kota Batu sekarang bertambah menjadi tiga orang. Pasien baru ini sekarang sedang di rawat di Rumah Sakit (RS) Karsa Husada kota Batu, Jawa Timur.

Chori menyebutkan bahwa Pasien yang konfirm ke-3 adalah Pasien Dalam Pantauan (PDP) yang masuk tanggal 17 April 2020 dengan penyakit penyerta CFH (gagal jantung kongestif) dan pneumonia berat.

“Pada tanggal 21 April yang bersangkutan dibolehkan pulang karena klinis sudah membaik. Namun hasil test swab menunjukkan positif sehingga yang bersangkutan harus di evakuasi kembali untuk menjalani perawatan di RS Karsa Husada,” Kata Chori saat dihubungi, Minggu (26/4/2020).

Kondisi pasien yang usianya kurang lebih 75 tahun itu, kata dia, ternyata saat dikonfirmasi yang bersangkutan selama ini tidak kemana-mana, meski demikian sangat rentan terpapar virus Covid-19.

Sudah dilakukan tracing kepada yang kontak erat dengan pasien konfirm 3 terutama anggota keluarga dan sudah dilakukan rapid test dan hasilnya semua negatif dan akan dilakukan test ulang.

Dijelaskannya, selain itu dilakukan tracing lagi dengan memperluas cakupannya orang di sekitarnya termasuk tetangga atau anggota keluarga lainnya yang pernah kontak dengan yg bersangkutan. Hal ini penting untuk mengetahui dan memastikan sumbernya apakah melalui kontak dengan orang lain atau barang atau makanan.

“Ini yang lagi di cek oleh tim tracing, apakah ada anggota keluarga yang pernah ke luar kota Malang atau ada anggota keluarga yang dari luar kota yang ke Batu, Ini sekarang ini tim covid-19 sedang telusuri pasien positif Covid-19 itu,” jelas Chori.

Ia juga mengungkapkan bahwa memang ada anggota keluarga yang punya riwayat ke kota Malang, tapi sudah di rapid test dan hasilnya negatif. Bahkan seluruh anggota keluarga sudah di rapid test sampai dua kali dan hasilnya negatif semua.

“Makanya nanti akan diperluas cakupan tracingnya, tidak hanya menyasar anggota keluarga tetapi juga tetangga dekat atau anggota keluarga lain yg pernah kontak dengan pasien,” ungkapnya.

Peta sebaran Covid-19 kota Batu di tiga kecamatan di kota Batu pada Sabtu (25/4/2020) malam terdapat 422 orang dalam status Orang Dalam Resiko (ODR), 45 Orang Tanpa Gejala (OTG), 44 orang dalam pemantauan (ODP), dari tiga orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 satu sembuh, 2 orang menjalani perawatan Covid-19. Sementara satu orang sembuh. PDP satu orang meninggal dunia.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *