Panwaslih Butuh Sembilan Anggota Panwascam

Reporter: Adi Wiyono

Kota Batu, suaraindonesia-news.com – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Wali kota Batu dan Wakil wali kota Batu 2017  memberi kesempatan kepada Bagi Warga Kota Batu yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) waktunya tinggal dua hari. 

Kepada warga kota Batu  yang memiliki integritas tinggi  dan memiliki minat Panwaslih Kota Batu mempersilahkan untuk mengambil Formulir pendaftaran dikantor  Panwaslih  Balai kota Lama Jalan  Panglima Sudirman atau bisa mendaftar Kelurahan dan Kantor Desa terdekat dirumahnya di kota Batu

Ketua Panwaslih Kota Batu  Salma Safitri  menjelaskan, pendaftaran calon anggota Panwascam dibuka mulai 1-15 Juli 2015.

“Formulir pendaftaran bisa diambil dikantor Panwaslu dan kantor desa dan kelurahan di Kota Batu. Bagi yang lolos syarat administrasi. Test tulis kami laksanakan 16 Juli di Balai Kota Batu Jalan Panglima Sudirman No 98, Kota Batu,” terang Salma Safitri, Rabu (13/7/2016).

Menurut aktifis perempuan ini, materi test tulis tentang UU Pemilu dan tugas pokok dan fungsi sebagai anggota panwascam. Bagi yang lolos test tulis wajib mengikuti test wawancara.

Lanjt dia, Hingga saat ini  ada 11 orang sudah mengambil formulir pendaftaran calon anggota Panwascam di kantor Panwaslih, Kota Batu.

Untuk mengawasi tahapan pelaksanaan Pilkada Kota Batu ditingkat kecamatan. Dibutuhkan sembilan orang anggota Panwascam.

Tiga orang Panwascam untuk Kecamatan Batu. Lalu enam orang lagi masing-masing untuk Kecamatan Junrejo dan Bumiaji.

“Kita memberikan kesempatan pada masyarakat untuk memberikan masukan kepada calon anggota Panwascam. Karena kita ingin mendapatkan anggota Panwascam yang jujur, adil dan berintegritas,” tandas dia.

Ditambahkan, tanggal 18 Juli akan diumumkan sembilan orang anggota Panwascam, Kota Batu. Selanjutnya diambil sumpah jabatannya.

“Tugas pertamanya adalah mengawasi tahapan Pilkada Kota Batu. Bulan depan sudah dimulai pendaftaran calon Wali kota Batu dari jalur perseorangan,” urainya

Mariono penduduk Kecamatan Bumiaji, siang kemarin mengambil formulir pendaftaran calon anggota Panwascam Kota Batu menyatakan, dirinya merasa tertantang untuk menjadi anggota Panwascam.

Apalagi saat ini di Provinsi Jatim, hanya Kota Batu yang menggelar Pilkada langsung.

“Pengalaman saya dua kali menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Saat ini saya akan berusaha belajar supaya bisa menjadi anggota Panwascam Bumiaji,” terang dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here