Panglima TNI Akan Pastikan Obat Isoman Gratis Sampai Tepat Sasaran

oleh -66 views
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kanan) saat peluncuran paket obat isoman gratis di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

JAKARTA, Kamis (15/07/2021) suaraindonesia-news.com – Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Panglima TNI beserta jajarannya untuk mengkoordinasikan pendistribusian paket vitamin dan obat-obatan untuk masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di wilayah Jawa dan Bali. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan penyaluran paket obat tersebut sampai tepat sasaran.

“Bapak Presiden telah memerintahkan kepada TNI untuk mendistribusikan paket obat-obatan kepada masyarakat di wilayah Jawa dan Bali termasuk memastikan bahwa obat-obatan tersebut sampai kepada tangan masyarakat yang membutuhkan,” ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam keterangannya saat peluncuran paket obat isoman gratis di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 15 Juli 2021.

Sebanyak 300 ribu paket obat-obatan akan diberikan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan isolasi mandiri baik orang tanpa gejala (OTG) maupun orang dengan gejala (ODG) ringan.

“Tentunya dalam pendistribusian 300 ribu paket tahap pertama ini, para Babinsa akan didampingi oleh petugas dari puskesmas maupun bidan-bidan desa di wilayah tersebut,” lanjutnya.

Untuk memastikan bahwa pendistribusian obat isoman berjalan dengan baik tanpa adanya penyelewengan, pihak TNI akan melakukan koordinasi dengan petugas puskesmas, pemerintah daerah, dinas kesehatan, dan jajaran kepolisian. Bantuan obat isoman akan diberikan kepada masyarakat yang telah memenuhi persyaratan yang berlaku dari pihak puskesmas.

“Tentunya akan diawasi oleh kesehatan Kodam, kemudian Kodim, dan Koramil, dan para Babinsa ini juga akan didampingi oleh petugas dari puskesmas maupun bidan desa yang memiliki daftar siapa yang sedang melaksanakan isolasi mandiri tersebut,” lanjut Panglima TNI.

“Pembagiannya akan disesuaikan dengan data yang dimiliki oleh puskesmas dengan persyaratan yang sudah ditentukan oleh puskesmas, di antaranya hasil swab dan memang masyarakat tersebut harus melaksanakan isolasi mandiri,” jelasnya.

Selanjutnya, penyimpanan paket obat akan ditempatkan di Kodim untuk memastikan adanya pengawasan pendataan berjalan dengan baik. Babinsa akan memberikan paket obat tersebut kepada masyarakat melalui pihak bidan desa dan puskesmas sekitar.

“Saya imbau kepada masyarakat yang ada di desa, RT, RW, apabila memang ingin mendapatkan obat tersebut silakan langsung menyampaikan kepada bidan desa,” lanjutnya.

Panglima TNI berharap bahwa dengan adanya kolaborasi antar institusi, pendistribusian paket obat isoman dapat berjalan dengan baik dan dapat membantu seluruh masyarakat yang membutuhkan.

“Harapan kita bahwa dengan kolaborasi antarinstitusi ini akan meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan isolasi mandiri,” ujarnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *