Paket Wisata Abal-abal Di Jatim Mulai Marak

Imam Mahmudi Sekretaris DPD ASITA

KOTA BATU, Suara Indonesia-News.Com – Masyarakat  harus berhati-hati dan waspada  terhadap biro perjalanan yang menawarkan paket wisata dengan harga murah dan menggiurkan, karena bisa juga  penawaran paket tersebut berakhir dengan penipuan.

Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DPD Jatim  mensiyalir adanya modus penipuan  yang dilakukan oleh biro perjalanan awu-awu atau abal-abal dengan sasaran  masyarakat  belakangan ini mulai marak.

Sekretaris ASITA  DPD Jatim  Imam Mahmudi  saat memberikan sambutan dalam acara Pembukaan  Batu Trevel Fair  plus 2015, Di Hotel Purnama Kota Batu, Senin Malam (28/9) mengatakan  bahwa  kasus penipuan berkedok  biro perjalanan sekarang ini mulai marakdi Jawa Timur,  terutama yang menjadi sasaran adalah rombongan sekolah.

Untuk itu ASITA atau  organisasi yang menjadi wadah  bagi pengusaha perjalanan mengingatkan  kepada managemen sekolah, perusahaan dan lembaga sosial untuk berhati-hati  dalam memilih biro perjalanan, apalagi mereka hanya menawarkan jasa tersebut hanya melalui telpon. Sangatlah rawan, kalau ada lamat masyarakat harus jeli dan teliti.

“Sekarang ini mulai marak kasus penipuan berkedok biro perjalanan, korbannya antara lain  rombongan dari sekolah, modusnya dengan  menawarkan paket wisata  dengan harga murah,”Kata Imam.

Penawaran bisa dengan mendatangi sekolah, atau lembaga, namun  dengan alamat palsu, atau hanya melalui Telpon. Setelah terjadi kespakatan harga kata Imam, pelaku meminta menyetorkan sejumlah uang atau mentranfer ke rekening pelaku, namun setelah mentranfer  pelaku melarikan diri.

Untuk itu calon pengguna jasa biro perjalanan hendaknya teliti dengan keberadaan biro tersebut, dan memastikan legalitasnya. (adi Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here