Ops Sikat Semeru, Polres Lumajang Ungkap 18 Kasus Curat Dan Curas

oleh -48 views
Kapolres Lumajang saat didampingi Kasat Reskrim Polres Lumajang, saat press release

LUMAJANG, Kamis (20/9/2018) suaraindonesia-news.com – Dalam operasi Sikat Semeru 2018, Polres Lumajang berhasil mengungkap 18 kasus pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan (curas).

Hal ini membuat Polres Lumajang menduduki peringkat 6 di jajaran Polda Jatim, karena hasil pengungkapan kasus tersebut.

Kapolres Lumajang, AKBP Rachmad Iswanusi, S.I.K. saat press release di Mapolres Lumajang, mengatakan jika operasi ini digelar di seluruh jajaran Polda Jatim selama 5 – 16 September 2018.

“Ada 6 kasus yang merupakan Target Operasi (TO), artinya keberhasilan Polres Lumajang mencapai 100 persen, dan ada 12 kasus di luar TO, sehingga dari total kasua tersebut ada tersangka sejumlah 42 tersangka,” katanya kepada sejumlah media.

Dari operasi ini, dipaparkan Kapolres Lumajang ada sejumlah barang bakti juga disita pada operasi ini. Di antaranya senjata tajam (celurit), motor, handphone, kamera, laptop, uang tunai dan sejumlah narkoba seperti sabu-sabu dan pil koplo.

Selain menjadi Barang Bukti (BB) kejahatan, ditegaskan Kapolres Lumajang, ada juga narkoba seperti pil koplo yang menjadi pemicu tersangka untuk melakukan tindak kejahatan.

Baca Juga: Lumajang Raih Penghargaan Top 99 Tahun 2018 

Kasus ini memang menjadi incaran kepolisian sebab kerap meresahkan masyarakat. Dimana sejumlah pelaku tak segan melukai korbannya saat melakukan tindak kejahatan di jalan.

“Operasi Sikat Semeru 2018 ini merupakan operasi imbangan dalam rangka Operasi Mantap Brata Semeru 2018 untuk menciptakan suasana kondusif jelang Pemilu 2019,” ujarnya lagi.

Sementara itu, menurut Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran SH MHum, kepada media ini, mengatakan bahwa dari 18 kasus tersebut terdiri dari 12 kasus curat dengan tersangka 24 orang, 4 kasus curas dengan tersangka 4 orang.

“Selain itu, ada 1 kasus pemerasan dengan 5 orang tersangka dan 1 kasus sajam dengan 1 orang tersangka,” katanya.

Sejumlah BB, kata AKP Hasran juga telah diamankan antara lain, 1 unit sepeda motor roda 3, 8 unit sepeda motor roda 2, 6 bilah clurit, 15 buah HP, 5 buah dosbook HP, 2 buah laptop, 1 unit pompa air dan 14.000 butir okerbaya atau pil koplo double L.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Amin
Publiser : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *