Ning Farin : Jika Kualitas Hidup Perempuan Bagus, Maka Bisa Tekan AKI

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Hj. Musfarinah Thoriq, M.Pd., saat memberikan arahan pada acara Rakor GSI Tahun 2019.

LUMAJANG, Kamis (28/11/2019) suaraindonesia-news.com – Rendahnya kesehatan perempuan di Indonesia, diindikasikan dengan tingginya angka kematian ibu yang disebabkan kehamilan, melahirkan, dan nifas. Penyebab utama tingginya angka kematian ibu (AKI) di Indonesia, secara umum dipengaruhi oleh kualitas hidup perempuan Indonesia yang masih rendah.

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Hj. Musfarinah Thoriq, M.Pd., saat memberikan arahan pada acara Rapat Koordinasi Gerakan Sayang Ibu (GSI) Tahun 2019 Kabupaten Lumajang, di Ruang Rapat Panti PKK Lumajang, Kamis (18/11).

Ning Farin, sapaan akrabnya, menuturkan rendahnya kualitas hidup perempuan Indonesia disebabkan beberapa faktor, yakni pendidikan, kesehatan, maupun ekonomi. Selain itu, faktor budaya yang kurang mendukung kualitas hidup perempuan, sehingga masih terjadi kesenjangan kesetaraan dan keadilan gender.

Lanjutnya, melalui GSI yang merupakan gerakan bersama antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan mampu menjawab permasalahan terkait dengan peningkatan kualitas hidup perempuan dan upaya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.

GSI juga diharapkan mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya memahami faktor-faktor yang menyebabkan tingginya angka kematian ibu dan bayi.

“Saya berharap bersama-sama tidak lelah untuk menyampaikan kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu. Selalu memantau disekitarnya, calon-calon ibu atau pengantin agar mereka memperisapkan diri menjadi seorang ibu,” ujarnya.

Ia berharap, Rakor GSI kali ini dijadikan sebagai momentum untuk menyusun rencana kerja yang strategis dan terpadu oleh seluruh anggota Pokjatap, sehingga target tahun 2020 untuk menekan angka kematian ibu dan bayi dapat tercapai.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Dinas Pemberdayaan Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Lumajang, Gatot Arif Hartanto,S.E., M.M., menyebutkan, tujuan diadakannya Rakor GSI tersebut adalah untuk mengevaluasi dan meningkatkan sinergitas antar Pokja GSI se-Kabupaten Lumajang.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Oca


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here