Musrenbang RKPD Kota Probolinggo Tahun 2022 Dibuka Wali Kota

oleh -40 views
Foto : Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin buka Musrenbang RKPD Kota Probolinggo Tahun 2022. Selasa (30/3/2021).

PROBOLINGGO, Selasa (30/3/2021) suaraindonesia-news.com – Bappeda Litbang Kota Probolinggo menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Probolinggo tahun 2022. Kegiatan dilangsungkan di Gedung Puri Manggala Bakti Kantor Wali Kota dengan Tema “Pemantapan Pemulihan Ekonomi Dan Akselerasi Pembangunan Sumber Daya Manusia Kota Probolinggo Yang Berdaya Saing”.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Probolinggo, Kepala OPD, Camat dan DPD LPM se Kota Probolinggo ini dibuka langsung oleh Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, Selasa (30/3/21).

Dalam sambutannya Wali Kota Probolingo, Hadi Zainal Abidin menyampaikan pelaksanaan Musrenbang sangat penting dalam memberikan masukan penyusunan RKPD tahun 2022. Dan merupakan rangkaian proses strategis yang dibangun sebagai wahana untuk berdiskusi, berembuk antar stakeholder, baik pemerintah, akademisi, swasta, maupun masyarakat yang menjadi momentum penting dalam mengakomodir usulan-usulan pembangunan dari bawah.

Hal ini sesuai visi pembangunan jangka menengah Kota Probolinggo yaitu membangun bersama rakyat untuk Kota Probolinggo yang lebih baik, berkeadilan, sejahtera, transparan, aman dan berkelanjutan.

Dalam rangka mendukung upaya tersebut diperlukan pemikiran dan pemahaman yang positif dalam membangun konsep dan strategi pembangunan.

“Melalui Musrenbang RKPD tahun 2022 ini kita dapat menyatukan tekad, pikiran dan langkah dengan harapan apa yang masuk dalam RKPD dapat terwujud,” tuturnya.

Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo, Tartib Gunawan mengatakan, bahwa proses musrenbang RKPD diawali pada bulan februari dan sampaikan di forum organisasi perangkat daerah (OPD) tanggal 15 sampai 19 maret 2021.

“Selanjutnya ditindaklanjuti dengan sinkronisasi pada program berbasis bottom up. Untuk semua prosedur sudah kami laksanakan salah satunya dengan mengunakan SIPD Alhamdulilah berjalan lancar tidak ada kendala,” terangnya.

Sementara Abdul Mujid, Ketua DPRD Kota Probolinggo menyampaikan terkait pokok-pokok pikiran DPRD yang bersumber dari sejumlah agenda kegiatan reses yang dilakukan unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Probolinggo.

Pokok-pokok pikiran ini merupakan akumulasi dari pelaksanaan reses yang telah dilaksanakan mulai tahun 2020 sampai 2021 di 3 daerah pemilihan (Dapil) dalam 5 kecamatan untuk di tindak lanjuti oleh Pemkot Probolinggo melalui mekanisme penyusunan RKPD tahun 2022.

“Apa yang sudah teruang dalam pokok pikiran DPRD Kota Probolinggo ini bisa diakomodir oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, bisa masuk dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022,” harap Mujib.

Dan ini yang menjadi harapan kami, sehingga apa yang menjadi aspirasi masyarakat, kami selaku wakil rakyat ini tidak selalu ditagih, imbuhnya.

Sedangkan pihak Pemprov Jatim yang mengikuti secara virtual mengungkapkan arah kebijakan pembangunan provinsi jawa timur dalam hal kedudukan, peran, dan fungsi RKPD, pertumbuhan perekonomian jatim, Indeks Pembangunan manusia serta prioritas pembangunan tahun 2022.

Lebih lanjut juga di sampaikan prioritas percepatan pembangunan kawasan di Jawa Timur. Salah satunya di wilayah Kota Probolinggo yakni pengembangan di beberapa sektor salah satu pengembangan infrastruktur serta peningkatan sumber daya manusia dan pelayanan pendidikan. (Adv).

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *