Musrenbang RKPD Kecamatan Ma’u Berjalan Lancar, Ini Pesan Bupati Nias yang Disampaikan Staf Ahli

oleh -144 views
Staf ahli yang mewakili Bupati Nias saat menyampaikan arahannya.

NIAS, Selasa (9/2/2021) suaraindonesia-news.com – Pelaksana Musrenbang Kecamatan Ma’u berjalan lancar. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Staf Ahli mewakili Bupati Nias.

Pada arahannya Staf Ahli Bupati Nias, Anotona Harefa menyampaikan tujuan Musrenbang Kecamatan tersebut.

“Pelaksanaan Musrenbang hari ini, merupakan puncak dari mekanisme perencanaan pembangunan daerah di Kecamatan Ma’u yang sebelumnya telah dilaksanakan Musrenbang di masing-masing desa. Untuk itu, melalui forum Musrenbang ini kita berharap akan tercipta kesamaan pandangan dan harapan dari seluruh pelaku pembangunan daerah dalam mensinergikan strategi, kebijakan, program dan kegiatan prioritas antara pemerintah tingkat kecamatan dengan desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias khususnya di Kecamatan Ma’u pada tahun 2022 yang akan datang,” papar Anotona Harefa.

Sejalan dengan dokumen Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 dijelaskan bahwa kedudukan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 memiliki arti yang sangat strategis karena merupakan tahun pertama untuk melanjutkan pencapaian sasaran pembangunan jangka menengah daerah sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Arah kebijakan pembangunan di tahun 2022 tersebut akan difokuskan pada bidang atau sektor yang masih perlu ditingkatkan pencapaian kinerjanya berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap hasil capaian program prioritas yang telah dilaksanakan selama 5 (lima) tahun terakhir khususnya peningkatan kualitas pelayanan dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten dan terampil. Hal penting lainnya adalah perlunya sinergitas semua pemangku kepentingan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemulihan ekonomi daerah, sehingga target dan manfaat pembangunan dapat memberikan dampak bagi peningkatan pelayanan dasar dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Beberapa isu strategis pembangunan yang mendesak dapat ditangani oleh masyarakat dan pemerintah Kabupaten Nias, antara lain : Bidang Infrastruktur, Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan, Bidang Pemerintahan dan Aparatur

“Untuk itu pada Forum yang berbahagia ini sangat diharapkan kearifan semua pihak terutama para pemangku kepentingan pembangunan, agar dalam penetapan prioritas pembangunan dapat dilakukan secara objektif dan proporsional menurut tingkat urgennya kebutuhan suatu pembangunan. Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan pada hari ini kita harapkan akan menghasilkan daftar prioritas pembangunan diwilayah Kecamatan Ma’u yang akan didanai dari APBD Kabupaten maupun sumber pendanaan lainnya serta daftar prioritas pembangunan yang dibiayai dari APBDesa dengan harapan partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui program dan kegiatan keswadayaan masyarakat dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu,” ucapnya mengakhiri sambutannya.

Reporter : Topan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan