Musrembang Kelurahan Situgede, Ini Kata Heri Cahyono

oleh -85 views
Anggota DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono saat memberikan sambutan.

KOTA BOGOR, Minggu (29/11/2020) suaraindonesia-news.com – Musrenbang Kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan dilingkungan Kelurahan yang di laksanakan guna mendapatkan suatu kesepakatan di antara masyarakat di setiap daerah yang akan di adakan pembangunan.

Forum ini melibatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi meraka, dalam proses pembangunan yang akan di laksanakan tentang bagaimana yang seharusnya di lakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus di lakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan di laksanakan. Oleh karenanya Kelurahan Situgede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor melaksanakan Musrembang Kelurahan yang dihadiri oleh anggota DPRD Kota Bogor dari dapil Bogor Barat, Heri Cahyono Sabtu (28/11)

Dalam keterangannya, Heri Cahyono menyampaikan Situ Gede adalah salah satu wilayah kota bogor yang berada paling barat, kelurahan situgede yang masih berupa persawahan, lahan darat dan juga terdapat hutan penelitian, rawa rawa dan situ juga ada yang bernama situgede.

Menurutnya, karakteristik wilayah situgede lebih cocok dikembangkan menjadi tempat pariwisata. Persawahan yang luas dapat di jadikan sebagai daya tarik bagi para wisatawan perkotaan yang ingin belajar dan melihat secara langsung bagaimana tanaman padi tumbuh dan menguning.

“Indahnya situ yang ada di sana juga menjadi daya tarik wisatawan bagi yang ingin melihat lihat pemandangan dan bersantai, juga kebun kebun dan lahan darat yang ada dapat dijadikan track jogging atau sepeda alam,” ungkapnya.

Kekuatan alam tersebut tambah Heri, anugerah yang dimiliki oleh warga di kelurahan Situgede, jika wilayah tersebit ditata dengan baik, arsitekturnya, dan jika dilembangkan menjadi wilayah berdaya tarik yang indah atau instagram able itu akan menjadi lokasi yang paling banyak di kunjungi terutama bagi warga kota bogor yang ingin berwisata di lokasi terdekat dan memuaskan.

“Potensi wisata ini saja kita bisa bayangkan bahwa masyarakat akan bisa mendapatkan banyak manfaat dan penghasilan,” ujarnya.

Selanjutnya kata Heri, adalah potensi hasil bumi dari kelurahan situgede, banyak produk produk hasil bumi yang di tanam oleh warga, terutama adalah hasil dari tanaman lahan darat seperti talas bogor, pisang, ikan, nangka, jambu dan buah buahan lainnya.

Hasil bumi tersebut dapat di naikkan nilai tambahnya dengan dibuatkan home industri yang dikerjakan oleh warga sekitarnya, jika pemerintah kota bogor serius menggarap peningkatan nilai tambah terhadap hasil bumi ini maka akan menjadi pendapatan tambahan bagi warga yang potensial dan kontinyu tambahnya.

Namun yang harus di lakukan adalah bagaimana membimbing setiap home industri yang ada agar mampu membiat produk olahan yang berkualitas dan dengan kemasan yang baik.

“Disamping itu dibuatkan jalur pemasaran dengan menciptakan pusat oleh oleh kota bogor, dimana pusat oleh oleh itulah yang akan menjual produksi warga kepada para pembeli atau wisatawan yang datang kota Bogor,” pungkasnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Redaksi
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *