Musim Tanam 2024, DKPP Sumenep Salurkan Bantuan Bibit dan Pupuk Gratis Untuk Petani Tembakau

oleh -1 views
Foto: Kepala DKPP Sumenep, Chainur Rasyid.

SUMENEP, Selasa (11/6) suaraindonesia-news.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memberikan bantuan berupa bibit dan pupuk gratis kepada petani tembakau untuk musim tanam 2024.

Bantuan ini untuk meringankan beban petani dan mendukung peningkatan produksi tembakau mereka.

Kepala DKPP Sumenep Chainur Rasyid, menjelaskan bahwa bantuan ini disalurkan langsung ke kelompok tani di berbagai kecamatan.

“Kami menyalurkan bantuan bibit dan pupuk kepada kelompok tani yang kemudian didistribusikan kepada para anggotanya,” kata kepala Dinas yang akrab dipanggil Inong ini dalam keterangannya, Selasa (11/6).

Diketahui, bantuan pupuk gratis yang diberikan termasuk pupuk MPK dan MPS dengan kandungan 17-17-17.

“Saat ini, pupuk MPK dan MPS telah diterima oleh ketua kelompok tani, tinggal menunggu rekomendasi penggunaan pupuk dengan kandungan 17-17-17,” ungkap Inong.

Namun, distribusi pupuk ini tidak merata di semua kecamatan baik di daratan maupun kepulauan.

Bantuan tersebut difokuskan pada kecamatan yang memiliki potensi penanaman tembakau.

“Kami mengalokasikan bantuan pupuk ini untuk mendukung peningkatan produksi tembakau, sehingga difokuskan pada wilayah yang potensial untuk tembakau,” kata Inong menjelaskan.

Inong berharap dengan bantuan tersebut, produksi tembakau dapat meningkat sehingga perekonomian masyarakat juga ikut terangkat.

“Ini adalah bentuk perhatian pemerintah dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian tembakau,” tutupnya.

Reporter: Ari
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan