Modus Penipuan Dengan Kehilangan Surat Berharga

Suara Indonesi-News.Com-Probolinggo – Akhir-akhir ini di Kota Probolinggo banyak orang yang menemukan surat-surat berharga berupa SIUP dokumen Perusahaan yang dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian Dan Perdagangan DKI Jakarta beserta cek yang jumlah nominalnya sangat fantastis hingga Milyaran rupiah. Surat-surat dokumen Perusahaan tersebut ditemukan warga Kota Probolinggo ada yang dipinggir jalan juga ada yang ditemukan didepan pertokoan.

Terkait dengan ditemukannya surat-surat berharga dokumen perusahaan beserta cek yang nominalnya milyaran rupiah tersebut, Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota, AKP. Damar Bastiar Amarapit, ST, Senin (27/4/15) kepada sejumlah wartawan saat dikonfirmasi mengatakan, surat-surat berharga dokumen perusahaan beserta cek itu diindikasikan palsu, dan diduga hasil scener. Ini ada 2 (dua) surat dokumen Perusahaan PT. Mitra Graha Mandiri (MGM) yang berdomisili di Jakarta, Perusahaan yang bergerak dibidang biro jasa dan alat berat namun nomor siup tidak sama, stempel juga tidak sama. Ada lagi nama perusahaan tidak sama tapi stempel sama dengan PT. MGM.

Kasat juga menjelaskan didalam surat dokumen perusahaan itu juga dicantumkan alamat perusahaan dan nomor HP. Maksud dari sipelaku ini orang yang menemukan surat dokumen itu diarahkan menghubungi nomor HP yang sudah dicantumkan, ujarnya.

AKP. Damar Bastiar Amarapit mengungkapkan, dari hasil investigasi, orang yang menemukan saya suruh menghubungi, kemudian pelaku mengucapkan terimakasih telah menemukan Surat Dokumen Perusahaan yang diperkirakan hilang di Probolinggo beberapa waktu lalu saat melakukan survey. Sebagai bentuk ucapan terimaksih, orang yang menemukan diiming-imingi hadiah yang nominalnya ratusan juta rupiah. Selanjut orang yang menemukan oleh pelaku digiring untuk mengirimkan nomor rekening bank, alasannya hadiah akan ditranfer ke rekening bank orang yang menemukan itu, terang Kasat menjelaskan.

Disinilah, pelaku mulai menggiring korbannya. Pelaku modus penipuan semacam ini diduga adalah para heker, bila mana korban bisa digiring dan mengirimkan nomor rekening banknya, maka PIN akan bisa dilacak dan diketahui, maka yang terjadi justru saldonya akan dikuras habis oleh pelaku, ujar kasat menambahkan.

Untuk antisipasi terjadinya korban penipuan modus ini, saya menghimbau kepada warga masyarakat Kota Probolinggo, bila mana menemukan surat dokumen Perusahaan beserta cek dipinggir jalan, didepan pertokoan, ataupun dimana saja jangan langsung mengambil tindakan sendiri, tapi segera melapor kepada pihak yang berwajib, karena ini merupakan bentuk penipuan modus baru, ujar kasat dalam  himbauanya. (Singgih).


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here