Mistin Memburu Anak Yang Tidak Sekolah

oleh -146 views

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disnikpora) dalam satu bulan terakhir ini  terus memburu anak yang tidak sekolah, mesti jumlahnya sedikit sekitar tujuh anak  yang tidak melanjutkan sekolah dari SD ke SMP. 

Namun sebagai panggilan moral dan tanggung Jawab, Dinas Pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menyekolahkan  anak tersebut denga harapan agar anak tersebut tidak terlantar

Mistin Kepala Disdikpora kota Batu saat ditemui, Jumat mengatakan dari tujuh anak itu  pihaknya telah berhasil  menemui  tiga  anak  dan selanjutnya  mereka sekarang sudah sekolah  sementara  yang empat anak masih dalam pencarian.

Bagi Mistin, pencarian anak untuk disekolahkan itu penting, mengingat kota Batu ini  mulai SD hingga SMA bebas dari SPP alias gratis.

“Kalau hal ini  tidak dimanfaatkan secara baik, yang rugi juga kita semua, anak usia 12 tahun masih membutuhkan bimbingan dan pengarahan, sehingga anak seusia itu belum bisa mandiri penuh” jelas dia.

Kata dia,  data yang diperoleh  dari berbagai laporan masyarakat, faktor yang menyebabkan  anak tidak sekolah karena  adanya pengaruh  luar,  dan bisa karena alasan biaya sementara anak tersebut mengikuti ibu atau ayah tiri dan nenek, yang kadang-kadang anak tersebut tidak terurus dengan baik.

“Anak kecil juga ada yang dipaksa untuk bekerja. orang tua asuh tanpa mempedulikan masa depan anak,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya meminta kepada masyarakat  jika mengetahui anak  usia sekaolah ternyata tidak mendapatkan pendidikan yang layak, masyarakat untuk segera melaporkan.

Disinggung soal  empat anak yang tidak bersekolah itu, apa  dari desa Tulungrejo atau Sumber brantas atau gunungsari,  Mistin  menyebut diantara itu memang ada.(adi Wiyono).

Tinggalkan Balasan