Minimalisasi Padatnya Kendaraan, Pemkot Bogor Bangun Jalan Tembusan Pajajaran Menuju R3

oleh -33 views
Foto: Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim (tengah), Kadis PUPR, Kepala Bappeda, Camat Bogor Timur dan Lurah Baranangsiang Gurda Siregar saat di lokasi pembangunan jalan.

KOTA BOGOR, Senin (26/12/2022) suaraindonesia-news.com – Untuk meminimalisasi padatnya kendaraan di Kota Bogor, khususnya di Tugu Kujang dan Baranangsiang, pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membangun jalan tembusan Pajajaran menuju Regional Ring Road (R3) melalui Jl Pakuan Indah dan permata.

“Pembangunan jalan tersebut diharapkan sesuai dengan site plan yang sudah disepakati saat pengembang mengajukan izin,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat di lokasi, Senin (26/12).

Dalam gambar site plan tersebut kata Dedie, ada jalan tembusan dari Pajajaran menuju R3.

“Dulu pada saat dihitung, Rencana Tata Ruangnya sudah mengakomodir akses jalan dari Pajajaran menuju R3.

Dedie menjelaskan, sebagai pelaku teknis untuk pembangunan di wilayah, akan mengurai permasalahan, mulai menata dan mengerjakan apa yang sudah bisa dikerjakan.

Menurutnya, jika ada hal untuk pembebasan lahan, tentu akan dibicarakan dengan urusan anggaran, tapi pada prinsipnya taat aturan.

“Pembangunan jalan ini adalah bahagian dari solusi untuk mengurai kemacetan di Kota Bogor, kalo seandainya dari Jakarta menuju Villa Duta kan bisa melewati R3 langsung masuk, jadi tidak bertumpuk di Baranangsiang,” ujarnya.

Disampaikan Dedie, penyelesaian sodetan Pajajaran menuju R3 melalui Jl Pakuan Indah dan Permata adalah upaya Pemkot Bogor untuk meminimalisir area sekitar Tugu Kujang Otista pada saat penutupan Jembatan selama 10 bulan pada saat Jembatan Otista di bangun.

“Jalan sodetan ini InsyaAllah menjadi pengurai lalulintas disaat rekayasa diberlakukan. Mudah – mudahan dapat dipahami dengan baik,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Lurah Baranangsiang Gurda Siregar mengatakan, perencanaan jalan tembusan tersebut sudah lama direncanakan, bahkan di era Wali Kota Bogor, Edy Gunardi sudah direncanakan.

“Jalan tembusan ini sudah lama direncanakan, Alhamdulillah dengan pendekatan kepada warga sekitar Villa Duta, sebagian jalan tembusan sudah dibangun,” terangnya.

Adapun pembangunan jalan tahap selanjutnya akan dilaksanakan waktu dekat ini. “Waktu dekat ini akan dilanjutkan pembangunannya, adapun warga yang sedang berjualan di lahan tersebut, sudah dilakukan sosialisasi dan warga juga siap pindah dari tempat tersebut,” pungkasnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan