Minim Anggaran, Ribuan Produk IKM Belum Dipatenkan

Reporter : nor/luk

Sampang, Jumat (18/11/2016) suaraindonesia-news.com – Karena terkendala anggaran yang sangat minim, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) Kabupaten Sampang, belum mampu mempatenkan ribuan hasil produk dari Industri Kecil Menengah (IKM) setempat.

Dari ribuan produk IKM yang ada di Sampang, hanya ada sepuluh produk yang di patenkan. Faktornya, karena terkendala anggaran yang sangat minim.

Kenyataan itu diungkapkan pejabat Penyuluh Perdagangan dan Perindustrian M. Irwan Ferdiawan. Menurutnya, belum dipatenkannnya ribuan produk karena anggaran tahun 2016 minim yaitu sebesar Rp 40 juta yang bersumber dari APBD. Sehingga pihaknya hanya bisa mematenkan sebanyak 10 produk.

“Anggarannya minim, jadinya produk yang dipatenkan juga terbatas,” ucap M. Irwan Ferdiawan, Jumat, (18/11/2016).

Irwan juga menjelaskan, dengan keterbatasan pematenan ini, diharapkan para pelaku IKM terdorong, sehingga nantinya produk yang dihasilkan mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

“Kurang lebih ada sekitar 4 ribu IKM yang belum mematenkan produknya. Cuma tahun ini hanya ada 10 produk IKM yang bisa dipatenkan dan itu sudah inklud dengan Forum UKM Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here