Minat Generasi Muda Terhadap Dunia Pertanian di Lumajang Rendah

Bupati Lumajang, Drs H As'at MAg saat memberikan penghargaan kepada salah satu petani pada acara penutupan HKP ke 46.

LUMAJANG, Minggu (22/7/2018) suaraindonesia-news.com – Minat generasi muda terhadap dunia pertanian relatif kecil, hal ini disampaikan Bupati Lumajang, Drs. H. As’at, M.Ag., dalam sambutannya di acara penutupan puncak Hari Krida Pertanian (HKP) ke – 46 tahun 2018, yang dipusatkan di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) Kabupaten Lumajang, sore tadi.

Bupati Lumajang mengatakan, jika permasalahan pertanian di Indonesia perlu ditangani dengan serius, dan memerlukan peranan generasi muda, dengan dedikasi tinggi, untuk memajukan negara.

Persepsi pemuda yang rendah terhadap dunia pertanian ini, kata Bupati Lumajang secara bertahap harus diberikan dorongan sejak dini, sehingga ada perubahan paradigma, yang menjadikan pertanian sebagai pekerjaan yang mengasyikkan dan memberikan harapan.

HKP ke – 46 di Kabupaten Lumajang ini diselenggarakan selama 2 hari, yaitu pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 21 – 22 Juli 2018.

HKP, menurut Bupati Lumajang, pada hakekatnya merupakan hari bersyukur atas hasil dari pertanian, yang setiap tahunnya diperingati oleh segenap masyarakat pertanian.

Baca Juga: GANN Gelar Halal Bi Halal dan Sosialisasi Anti Narkotika

“Bukan hanya para petani, tetapi juga peternak, pegawai dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian, turut memeriahkan HKP,” paparnya.

Menurutnya, pemerintah Kabupaten Lumajang sangat berpihak kepada para petani, banyak bantuan yang sudah diberikan kepada petani, seperti traktor roda 4 dan 2, transplanter, pompa air, combine harvester, power threser, cultivator dan peralatan lainnya, sudah banyak dibantukan.

Di samping itu, pemerintah juga memberikan bantuan benih maupun subsidi benih tanaman, untuk ternakpun pemerintah juga memberikan pelayanan kawin suntik secara gratis.

“Pada HKP ke – 46 ini, atas nama pemerintah dan petani Kabupaten Lumajang, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh insan pertanian yang telah mampu bekerjasama dalam rangka membangun pertanian di Kabupaten Lumajang, sehingga kesejahteraan petani semakin meningkat,” tambah nya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Ir. Imam Suryadi, M.Si., melaporkan, bahwa Hari Krida Pertanian tahun ini dimeriahkan berbagai kegiatan, diantaranya: pameran produk pangan unggulan daerah dan hasil olahan, saprodi pertanian, alat mesin pertanian dan informasi pertanian Lumajang, ekspo dan demonstrasi teknologi tepat guna bidang pertanian, pameran produk perbankan untuk pangan dan pembiayaan pertanian, gerakan minum susu kambing dan lomba mewarnai dunia pertanian bagi siswa / siswi TK, bimbingan teknis (bimtek) kelembagaan petani, pengenalan teknologi sederhana hidroponik, sambung / okulasi dan packaging produk olahan holtikultura dan sebagainya.

“Lomba kelembagaan petani dan penyuluh pertanian berprestasi Kabupaten Lumajang tahun 2018 dibagi sesuai kategorisasi, dan sudah diumumkan para pemenangnya,” katanya singkat.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Agira
Publisher : Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here