Meski Usaha Kecil, Jangan Lupa Pembukuan

oleh -41 views
Kasih Fajarini mengajak para pelaku usaha kecil agar juga disiplin melakukan pembukuan. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Sabtu (13/6/2020) suaraindonesia-news.com – Sukses tidaknya sebuah usaha bukan bergantung pada besarnya modal ataupun sumber daya yang dimiliki, akan tetapi ada hal penting yang perlu dikelola dengan benar. Dan itu adalah pembukuan keuangan.

Dewasa ini, masih banyak pelaku usaha kecil yang merasa tidak perlu melakukan pembukuan terhadap usaha mereka sendiri.

“Mereka beranggapan, ahh usahanya masih skala kecil, tidak perlu pembukuan. Nah ini yang akan memicu gulung tikar apabila pembukuan keuangan tidak disiplin,” ungkap Dra. Hj. Kasih Fajarini, pengusaha fesyen di Jember Jawa Timur, Jumat (12/6) malam.

Pembukuan keuangan yang disiplin membantu pengusaha mengendalikan kondisi keuangan usaha mereka, mengoptimalkan produktifitas, disiplin dalam perencanaan ke depan, dan meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu.

“Justru karena usahanya masih kecil itu lah harus disiplin pembukuannya. Kalau tanpa adanya pembukuan, mustahil akan bisa melihat apakah usaha ini rugi atau laba,” sambung Fajarini

Fajarini membeberkan rahasianya bisa memiliki toko busana muslim yang besar seperti sekarang ini, salah satunya karena disiplin dalam melakukan pembukuan.

“Usaha saya tidak instan besar seperti sekarang ini. Dulunya kira-kira 27 tahun yang lalu saya merintis usaha kursi sofa gitu, usaha kecil juga awalnya, usaha itu harus sabar, cekatan, disiplin. Ya salah satunya disiplin melakukan pembukuan ini, meski usaha Anda misal telur gulung keliling ya tetap harus dicatat keuangannya,” pesan dia.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *