Meriahnya Tari Pandalungan Sewu

oleh -40 views
Sejumlah 1.200 lebih dari pelajar, guru menari pandalungan yang dikolaborasikan dengan 3 jenis tarian lokal di lapangan Gelora Pemuda Kecamatan Panti. (Foto: Humas Pemkab Jember)

JEMBER, Sabtu (16/11/2019) suaraindonesia-news.com – Sejumlah 1.200 lebih pelajar, guru serta pelatih di Kecamatan Panti Kabupaten Jember Jawa Timur mengikuti pertunjukan Tari Pandalungan Sewu, Sabtu (16/11).

Meski berasal dari latar belakang yang berbeda namun penari mampu membawakan 3 jenis tarian lokal secara kompak.

3 tarian lokal ini menggambarkan bahwa Jember merupakan daerah pandalungan yang karakter penduduknya beragam, ada suku jawa, madura, tionghoa, serta osing.

Dari pagelaran tari kolosal ini diharapkan tumbuh bibit-bibit penari cilik yang nantinya dapat meneruskan kesenian dan budaya pandalungan.

“Kalau bukan karena keinginan bersama pagelaran ini tidak akan tercapai. Saya berharap kegiatan ini menjadi pemersatu serta menjadi destinasi wisata edukasi. Karena diawali dari anak-anak sekolah dan didukung oleh orang tuanya maka saya kira ini menjadi pembelajaran yang baik karena tajuknya adalah Pandalungan Sewu,” kata Bupati Jember, dr. Faida MMR.

Kegiatan ini baru pertama kali digelar dan rencananya rutin digelar pada tahun-tahun mendatang dengan harapan dapat dijadikan wisata edukasi.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *