Meriahkan HUT RI ke-74, Mahasiswa KKN 49 UMM Gelar Aneka Lomba

oleh -360 views
Warga Desa Kemiri dan mahasiswa KKN 49 UMM saat menggelar lomba menangkap bebek di sawah.

MALANG, Rabu (7/8/2019) suaraindonesia-news.com – Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 49 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Desa Kemiri, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, menggelar aneka lomba, Minggu (4/8).

Kegiatan yang digelar oleh Divisi Sosial & Budaya Mahasiswa KKN 49 UMM itu melibatkan seluruh warga Desa Kemiri, meliputi anak-anak, remaja, serta dewasa. Alasannya, karena secara geografis dusun yang ada di Desa Kemiri lokasinya berjauhan.

Hal ini mengakibatkan relasi sosial masyarakat antara dusun satu dengan lainnya sangat rendah. Maka, dengan menggelar aneka lomba itu diharapkan relasi sosial masyarakat Desa Kemiri lebih intensif.

“Perlombaan ini kami laksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 3-4 Agustus 2019 di tempat yang berbeda-beda yakni di Dusun Tempur, Dusun Keras dan Dusun Bumiayu,” ujar Koordinator Divisi Sosial dan Budaya KKN 49 UMM, Luxy Pujo Sakti.

Pada hari pertama, lanjut Luxy, kami melaksanakan perlombaan untuk anak-anak. Kemudian, pada hari kedua lomba untuk tingkat anak-anak dan dewasa diantaranya.

“Ada lomba makan kerupuk, mengambil koin di jeruk, balap karung Moto GP, balap kelereng, nyanyi lagu-lagu nasional, memukul air, memasukkan paku dalam botol, menangkap bebek di sawah dan lomba gebuk bantal,” papar Luxy lagi.

Koordinator Divisi Sosial dan Budaya itu juga menjelaskan, saat pelaksanaan semua perlombaan tersebut, pihaknya mengundang seluruh warga Desa Kemiri untuk bergabung bersatu di Dusun Bumiayu.

Sementara itu, Kepala Desa Kemiri, Wijiati mengatakan, pihaknya bersama dengan warga desa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para mahasiswa KKN 49 UMM. Karena berbagai macam perlombaan yang yang digelar berlangsung sangat meriah.

Selain itu, Kepala Desa Kemiri itu juga mengingatkan kepada anak-anak peserta lomba akan pentingnya ber-Pancasila. Bahkan, bagi yang hafal sila Pancasila juga diberi hadiah uang tunai.

“Kami Kepala Desa Kemiri akan berikan hadiah uang tunai bagi yang hafal Pancasila dan bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya,” ujar Wijiati.

Di tempat yang sama, mahasiswa KKN 49 UMM Divisi Ekonomi, Adil Abdul Hakim menambahkan, pihaknya mengapresiasi antusiasme masyarakat Desa Kemiri yang dalam mengikuti keseruan berbagai lomba tersebut.

“Keseruan aneka lomba di Desa Kemiri itu membuat perayaan HUT ke-74 RI menjadi semakin semarak dan penuh kegembiraan,” ujar Adil Abdul Hakim, mahasiswa Fakultas Teknik Informatika UMM itu.

Reporter : Adi
Editor : Amin
Publisher : Mariska

Tinggalkan Balasan