Merebaknya Isu Wabah Virus PMK, Begini Penjelasan Gubernur Nova

oleh -185 views
Gubenur Aceh Ir. H Nova Iriansyah didampingi Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, Kapolres AKBP Muhammad Nasution, S.I.K meninjau lokasi peternakan Sapi di Desa Mata Ie, Kecamatan Blangpidie.

ABDYA, Kamis (16/6/2022) suaraindonesia-news.com – Pasca merebaknya isu Wabah virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau dikenal sebagai Foot and Mouth Disease adalah penyakit hewan menular yang menyerang ternak seperti Sapi, Kerbau, Kambing, dan lainnya, Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, meminta peternak tidak panic selling.

“Hari ini kita harus berhadapan dengan PMK, tetapi mudah – mudahan PMK ini adalah PMK yang levelnya ringan, yang mutasi atau tingkat penyebarannya tidak terlalu tinggi dan tingkat kematiannya pada hewan rendah,” jelas Nova Iriansyah.

Selain itu, kata Dia, PMK ini hal biasa – biasa saja dan tidak perlu panik karena hewan yang terjangkit virus PMK itu, tingkat kesembuhannya tinggi namun, yang paling penting pelaporan dininya.

“Karena pemerintah petugasnya sedikit, jadi peternak harus proaktif melaporkan kalau sudah ada wabah virus penyakit mulut ini,” pintanya

Ia meminta agar segera melaporkan ke pemerintah daerah supaya di obatti.

“Rata-rata dua Minggu sembuh dan yang paling penting jangan “panic selling”, ternak ketika sedang sakit berat badannya pun turun kalau di jual setengah harga,” ujar Gubernur Nova Iriansyah.

Dalam hal itu, Ia berharap kepada masyarakat peternak, kalau sudah ada terjangkit penyakit mulut dan kuku pada ternak untuk segera di imformasikan ke pemerintah daerah melalui dinas terkait. Dan petugas hewan datang untuk memberikan obat.

“Jangan terlalu mendramatisir nanti panik dan ternak terjual dengan harga rendah, karena sebenarnya di konsumsi aman dan obat obatan tersedia dua Minggu sembuh, kalau ada ternak yang mati itu mungkin tidak terobati,” pungkasnya.

Di ketahui, kedatangan Gubenur Aceh Ir. H Nova Iriansyah, dan bersama rombongan ke Abdya secara dadakan tidak melalui protokoler Pemkab setempat.

Pantauan awak media, orang nomor satu di Provinsi Aceh saat tiba di Abdya Ngopi bareng di AW Kupi bersama Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, dihadiri Ketua DPRK Nurdianto, Kajari Abdya Heru Widjamiko, Kapolres AKBP Muhammad Nasution, SIK, Dandim 0110 Letkol Inf Roqich Hariadi dan Asisten pemerintahan Amrizal, Kadistanpan drh. Nasruddin, Kadis Perkim dan LH Abdya, Armayadi ST, Kadis PUPR Alvian Liswandar serta lainnya.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Romla

Tinggalkan Balasan