Menteri BUMN Rini Soemarno Hadiri Penandatanganan MoU Sinergi BUMN

Reporter : Adhi

Surabaya, Suara Indonesia-News.Com – Kementerian BUMN bersama dengan BUMN gula berupaya mendorong peningkatan produksi gula dalam negeri melalui kerja sama pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani tebu. Sebelum ini, petani tebu sulit mendapatkan pinjaman modal usaha.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan setelah beberapa bulan merencanakan program kerja sama BUMN gula dengan BUMN perbankan akhirnya kerja sama tersebut dapat terealisasi melalui MoU yang ditandatangani pada 22 Desember 2015 di Surabaya.

Dengan begitu, lanjut Rini, petani akan mudah mendapatkan pinjaman modal sehingga mampu meningkatkan produktivitas tebu yang berdampak pada peningkatan produksi gula bahkan produk hilir lainnya seperti biofuel, dan listrik co-generation.

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI, Dolly Parlagutan Pulungan mengatakan tanpa sinergi yang kuat, PTPN maupun petani tebu tidak akan mampu meningkatkan kinerja dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Arum Sabil menambahkan, meski sudah ada kemudahan untuk memperoleh pembiayaan, petani masih menghadapi kendala lain tahun ini, seperti kendala iklim yakni kemarau panjang yang terjadi tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here