Masyarakat Dungkek Ramaikan Perayaan Petik Laut

oleh
Reporter: Liq
Sumenep, Sabtu (25/12/2016) suaraindonesia-news.com – Untuk mensyukuri nikmat karena hasil laut melimpah, nelayan Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Semenep, Madura, Jawa Timur gelar petik laut, Sabtu (25/12).
Ribuan masyarakat menyaksikan perahu miliki nelayan setempat yang sudah didandani dan dihiasi dengan berbagai ornamen tersebut berputar-putar, mengiringi pelapasan perahu sesajen ke tengah laut.

Pelepasan perahu sesajen ke tengah laut
Pelepasan perahu sesajen ke tengah laut
Jumahri selaku Kepala Desa Dungkek mengatakan bahwa masyarakat sangat antusias melaksanakan petik laut dan rokat deaa, sebagai rasa syukurnya kerana telah diberikan nikmat baik bagi masyarakat nelayan dan petani.
“Ini kemauan masyarakat, mereka sangat antusias untuk melaksanakan acara ini, bahkan acara ini murni swadaya masyarakat dan beberapa perusahaan yang ada di Dungkek, tidak ada dana sepeserpun dari pemerintah,” jelasnya.
Jumahri menambahkan, petik laut tersebut merupakan rangkaian dari acara rokat desa yang diselenggarakan mulai tanggal 22 hingga tanggal 28 Desember 2016.
Namun masyarakat Dungkek harus menelan kekecewaan, lantaran Bupati Sumenep dan rombongan dari pemkab tidak kunjung datang yang direncanakan akan melepas perahu yang berisi sesajen tersebut ke tengah laut.
“Katanya Bupati Sumenep gak jadi datang,” imbuh Kades dengan sedikit kecewa.
Menurutnya, pihanya telah menghubungi sebumnya melalui surat dan bahkan sampai menghadap langsung bersama bupati.
“Ternyata setelah di cek ke Bupati, katanya tidak ada agenda ke Dungkek,” pungkasnya.
Petik laut tersebut dilepas oleh Camat Dungkek, Wahyu Kurniawan Pribadi bersama Kapolsek Dungkek, AKP Jaiman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *