Masyarakat Desa Hilifaosi Tolak Hasil Evaluasi BPMDes Kabupaten Nias

Nias, 28/07/2016 (Suaraindonesia-news.com) – Evaluasi Ranperdes Desa Hilifaosi, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara tentang APBDes T.A 2016 ditolak masyarakat Hilifaosi.

Sekretaris Badan Musyawarah Desa (BPD) Fatinaso Telaumbanua, SE. menjelaskan bahwa kemarin pihaknya diundang rapat oleh BPMDes Kabupaten Nias dan hasil rapat tersebut memutuskan suatu kesepakatan yang tidak diharapkan.

“Hasil pertemuan itu dengan sepihak BPMDes merubah lokasi dana Desa kami, dari Wilayah dusun II ke wilaya dusun lain, kami dari jajaran BPD memberikan suatu tanggapan menyikapi hasil rapat tersebut tapi pihak BPMDes sepertinya tidak menghiraukan kami sebagai BPD bahka tokoh masyarakat Desa Hilifaosi yang diundang secara resmi di forum itu tidak di berikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya,” terangnya.

Ia menambahkan, masyarakat desa Hilifaosi sangat kecewa dengan hasil evaluasi ranperdes itu. Karena tokoh masyarakat dan undangan dari desanya tidak ditanggapi, malah mendengarkan pendapat orang lain daripada tokoh masyarakat yang diundang secara resmi oleh BPMDes.

“Kami dari Jajaran BPD menilai BPMDes terlalu menginterfensi desa kami sampai saya katakan tadi dipertemuan itu BPMDes jangan terlalu interfensi desa kami karena kami yang lebih tau dengan keadaan desa kami bukan orang bapak yang ada di sini,” lanjutnya.

Ditambahkan Fatinaso, Semua kepala dusun di desanya sudah setuju dengan lokasi pembangunan di wilaya dusun II (dua) ini, terbukti dengan ditandatanganinnya berita acara tanggal 11 Maret.

“Untuk itu kami sebagai BPD memastikan menolak jika BPMDes merubah lokasi dana desa yang sudah kami musyawarahkan tanggal, 11 Maret yang di alokasikan di wilaya dusun II (dua) lingkungan LOLOZARIA mulai dari depan Gereja menuju HOU Desa Hilifaosi Cugala,” tutur Fatinaso. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here