Marzuki Hamid, Arahkan Tugas Kepsek Se Kota Langsa

oleh -18 views
Wakil Walikota Langsa, Drs Marzuki Hamid MM

Langsa, Suara Indonesia – Seorang Kepala Sekolah (Kepsek) merupakan salah satu sosok pelaksana inti dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang pendidikan. Artinya, Kepsek sangat menentukan sekali maju dan mundurnya peningkatkan mutu pendidikan di lingkungan sekolahnya masing-masing.

“Sebagai penyelenggaran pelayanan pendidikan, maka seorang Kepsek haruslah bersemangat dalam melaksanakan tugasnya untuk memajukan mutu pendidikan di tempat sekolah yang dipimpinnya,”ujar Wakil Walikota Langsa, Drs. Marzuki Hamid, MM, saat melakukan pertemuan dengan seluruh kepsek se-Kota Langsa di Ulee Balang, Rabu malam. (8/10)

Di katakan, untuk mendukung program kerja seorang kepsek Pemerintah setempat, telah memberikan dalam bentuk dana bantuan Operasional Sekolah (BOS), dana sertifikasi guru dan dana-dana lainnya untuk menunjang kinerjanya.

Dengan adanya dukungan yang telah diberikan pemerintah setempat, seorang kepsek haruslah bersemangat, bekerja keras dan memiliki rasa tanggung jawabnya, sehingga apapun cita-cita atau keinginannya dalam meningkatkan atau memajukan mutu pendidikan, khususnya di sekolah yang dipimpinnya dapat tercapai dan secara umum di wilayah Pemko Langsa.

Kendati demikian, pengolahan dana BOS pun dalam setiap penggunaannya harus adanya pertanggung jawaban yang jelas. Maksudnya, pengolahan/penggunaan dana BOS dapat mempersiapkan  terlebih dahulu rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS).Tujuannya, penggunaan dana BOS bisa lebih terarah dalam memajukan mutu pendidikan dan tidak menjadi masalah hokum dikemudian harinya.

“Kalau dia (kepsek-red) itu sudah ada niat, bersemangat untuk bekerja keras dan tanggung jawabnya atas peningkatan mutu pendidikan pasti akan tercapai. Karena seorang kepsek merupakan sosok pelaksana inti sebagai penyelenggara pendidikan,”ujarnya.

Selain itu, pengawasan harus terus diperketat terutama terhadap para guru yang mengajar di sekolahnya. Baik itu, dalam sistim proses belajar-mengajar yang diterapkan kepada siswanya maupun kurikulum pelajarannya sehingga dapat diterima/dipahami oleh siswanya apa yang diberikan ilmu pendidikan dari gurunya masing-masing bidang studi pelajarannya.

Kemudian, seorang kepsek harus mampu memberikan semangat kerja kepada guru-gurunya dalam bentuk pengarahan dan pembinaan, bahkan, memberikan reward (penghargaan) bagi guru yang berprestasi sesuai kemampuan dan aturan yang berlaku.

Dia menambahkan, keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan tidak lepas dengan berprilaku royalitas yang tinggi terhadap pejabat-pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan maupun pemimpin daerah itu sendiri. Karena kita tidak bisa memimpin orang lain, kalau kita tidak bisa dipimpin.

Diharapkan, kepada seluruh kepsek di Kota Langsa, agar dapat memiliki rasa semangat bekerja dan tanggung jawab terhadap peningkatan mutu pendidikan di wilayah ini, karena tanpa kepsek sebagai pelaksana inti pelayanan pendidikan mustahil mutu pendidikan dapat terwujud dan itu juga perlu dukungan para guru serta elemen masyarakat.

Reporter: Rusdi Hanafiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *