Mall UMKM, Wadah Modern bagi Pelaku UMKM di Ujung Timur Pulau Madura

oleh -121 views
Foto: Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama Wakil Bupati Nyai Eva didampingi jajaran Forkopimda setempat saat melaunching Mall UMKM. (Sya/SI)

SUMENEP, Senin (27/06/2022) suaraindonesia-news.com – Perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur seringkali masih disertai dengan permasalahan-permasalahan dasar.

Dari banyaknya jumlah pelaku UMKM di Sumenep, tak luput dari permasalahan terkait permodalan, pemasaran, dan kualitas produk.

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemkab Sumenep, melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perindag melaunching pusat Mall UMKM, bertempat di sebelah timur dekat ‘Labang Mesem’ keraton. Senin, 27 Juni 2022.

Sebagai wadah bagi para pelaku UMKM, Mall UMKM ini menyediakan aneka minuman dan makanan ringan hasil kreasi dari para pelaku UMKM Sumenep.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Sumenep Chainur Rasyid menyampaikan, jika UMKM adalah salah satu sektor yang berkembang pada saat ini, dimana selama dua tahun terakhir terdampak pandemi Covid-19.

“Tapi dengan adanya UMKM yang terus berkembang di Sumenep, diharapkan menjadi suatu momentum untuk memotivasi UMKM di Sumenep naik kelas,” katanya.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi didampingi sang istri Nia Kurnia Fauzi sewaktu belanja di Mall UMKM Sumenep. (Ist/SI)

Ia mengaku, adanya Mall UMKM merupakan ikhtiar Pemkab Sumenep untuk membangun sebuah tempat yang representatif sebagai salah satu ajang promosi pemasaran dan memenuhi kebutuhan pelaku UMKM.

Baca Juga: DPRD Sumenep Gelar Rapat Paripurna PAW, Syaiful Bahri Gantikan Decky Purwanto yang Meninggal

Sedangkan untuk manajemen tata kelola yang akan dilakukan di Mall UMKM tersebut, lanjut dia, itu menunjuk salah satu koperasi di Sumenep yakni Nahdiyatul Nisa.

“Nantinya koperasi ini yang akan mengelola untuk pelaksanaan Mall UMKM yang ada di Sumenep,” terangnya.

“Kami juga akan memfasilitasi produk UMKM serta penguatan jaringan tempat pemasaran dan kemitraan, saat ini juga menggandeng pusat camilan dari Kediri serta Ponorogo” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Sumenep juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan pusat camilan Kediri dan Ponorogo.

“Mudahan-mudahan seluruh Kabupaten yang ada di luar kota bisa kita gandeng dalam rangka bersama-sama peningkatan UMKM yang ada di Sumenep,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan launching Mall UMKM tersebut dihadiri Dekranasda, Wakil Bupati Sumenep, Sekda, Persatuan Dharma Wanita dan Camat se Kabupaten Sumenep

Reporter : Sya
Editor : Redaksi
Publisher : Romla

One thought on “Mall UMKM, Wadah Modern bagi Pelaku UMKM di Ujung Timur Pulau Madura

Tinggalkan Balasan