Mahasiswa KKN Unmuh Jember Beri Penyuluhan Pentingnya Menempuh Pendidikan Hingga Perguruan Tinggi

oleh -300 views
Mahasiswi KKN 15 Unmuh Jember memberikan penyuluhan pentingnya menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi kepada para siswa SMK Nurul Ma’rifah. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Kamis (6/2/2020) suaraindonesia-news.com – Menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi sudah menjadi kebutuhan di zaman sekarang. Namun sayangnya, kesadaran masyarakat untuk menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi, angkanya masih rendah. Faktor ekonomi menjadi alasan utama.

Adanya program beasiswa baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat di pedesaan, atau dengan kata lain informasi mengenai kebijakan tersebut belum tersampaikan dengan maksimal.

Hal ini lah yang mendorong para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 15 Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember menyelenggarakan penyuluhan pentingnya menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi kepada para siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Koordinator KKN kelompok 15, Habib Rois membeberkan data dari pemerintah desa setempat yang menyebutkan, dari total 3500 warga yang menempuh pendidikan Sekolah Dasar, hanya terdapat 102 warga yang terdata menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.

“Pendidikan ini adalah sebuah keharusan, di era globalisasi ini pendidikan adalah hal utama karena ketika kita bersaing di dunia kerja maupun nanti di masyarakat maka pendidikan lah yang menjadi dasarnya kita, maka dari itu kita dari kelompok 15 memberikan motivasi supaya para siswa ini melanjutkan pendidikannya hingga perguruan tinggi,” kata Habib usai acara penyuluhan di SMK Nurul Ma’rifah, Desa Plalangan Kec. Kalisat Kab. Jember, Kamis (6/2) pagi.

Dalam penyuluhan tersebut, para mahasiswa memperkenalkan berbagai program studi, menceritakan pengalaman serta prestasi yang didapat dari menempuh pendidikan di perguruan tinggi, demo masak dari mahasiswa prodi D3 perhotelan serta menyosialisasikan program beasiswa kepada para siswa.

“Itu semua untuk memancing minat para siswa agar mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” imbuhnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN kelompok 15 Unmuh Jember, Fefi Nurdiana Widjayanti menghimbau para siswa agar tidak terpaku pada perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta saat ingin melanjutkan pendidikan.

“Namun perhatikanlah nilai akreditasi program studi yang akan dipilih, di Universitas Muhammadiyah Jember ada 6 program studi dengan akreditasi A, dan lainnya nilai akreditasinya B,” ujar Fefi.

Dia juga mengatakan bahwa kuliah di Unmuh Jember biayanya murah.

“Untuk biaya sampai saat ini memberlakukan sistim pembayaran 4 kali angsuran dalam setahun, dan jika dibandingkan dengan perguruan tinggi yang lain boleh dibuktikan bahwa Unmuh Jember masih tergolong murah. Dan satu lagi pendaftaran mahasiswa baru itu gratis untuk tahun ajaran 2020-2021,” pungkasnya.

 

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *