LSM Komunitas Aneuk Nanggro, Pertanyakan Pembebasan Tanah Untuk Pasar Ikan Lhok Nibong

Ketua LSM Kana, Muzakir

Aceh Timur, Suara Indonesia-News.Com – Muzakir ketua LSM Kana, yang bergerak di bidang anti korupsi dan Nepotisme  anggaran, mempertanyakan Rencana pembangunan pasar Ikan Lhok Nibong Kecamatan Pante Bidari.  Kepada Wartawan, Senin (27/7/2015).

Pembebasan lahan tersebut, letak rencana bangunan yang jauh dari pusat keramaian yaitu di kampung meunasah akan membuat pasar ikan sepi dari kegiatan jual beli.

Muzakkir membandingkan bangunan yang sama di Alue Lhok Kecamatan Peureulak Timur yang letaknya hanya Dua Ratus Meter dari pusat pasar, meski berdekatan dengan jalan raya dan pusat keramaian akan tetapi sampai saat ini  pasar yang dibangun tersebut  masih terbengkalai atau sepi dari kegiatan jual beli. ” Ujarnya.

Muzakir menambahkan apalagi sampai perencanaan ganti rugi areal lahan yang jauh hingga 2 KM ke dalam dari pusat pasar Lhok Nibong, Kecamatan Pante Bidari, selain jauh ke perdalaman, harga ganti rugi tanah tersebut yang luas nya 2.956 m untuk rencana bangunan pasar ikan itu pun terkesan fantastis, yakni Rp 202.000/Meter, sedangkan menurut masyarakat setempat dari hasil investigasi LSM kana, harga tanah di lokasi hanya di bawah Seratus ribu Rupiah/Meter.

Itu pun kata warga sulit mendapatkan pembelinya, ” LSM KANA juga mempertanyakan kinerja tim 9 yg seharusnya mereka menjadi tim yang benar benar bisa dipercaya oleh publik yang mampu berkerja Kalau memang tidak bisa menilai harga lebih baik di bubarkan aja.

“Saya mengharap kepada Pemkab Aceh Timur untuk membuat perencaan yang matang dalam proses pembangunan di Aceh Timur, jangan sampai ada permaianan Tim 9 untuk di mamfaatkan oleh oknum tertentu demi mengeruk ke untungan pribadi,” Cetus Muzakir.

Contohnya selain pasar ikan, juga sejumlah TPI (Tempat Pendaratan Ikan) dan UPTD (Unit Pelaksana Tehknis Daerah) yang di duga pengabisan biaya tersebut banyak yang tidak berfungsi sepertinya pembangunan tidak bermanfaat untuk rakyat. (RH).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here