LPMP Sumut Sambut Baik Audiensi Dewan Pendidikan Deli Serdang

Raport Mutu Sekolah Sebagai Indikator Baik tidaknya Sekolah Tersebut

Dari kiri keksnan Staf LPMP Sumut Berbaju Putih, Humasy Dewan Pendidikan DS Khairul Hizad, Ketua Dewan Pendidikan Muriadi, Kepala LPMP Sumut Afrizal S, Fauzi HSB Bendahara dan Rajin Sitepu Wakil Ketua Dewan Pendidikan, usai Beraudiensi.(M. Habil Syah/SI).

DELI SERDANG, Jumat (04/10/2019) suaraindonesia-news.com – Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara menyambut baik kunjungan Pengurus baru Dewan Pendidikan Kabupaten Deli Serdang dalam rangka Audiensi, Jumat (04/10) di kantor LPMP Sumut ruang VIP Lantai I Jalan Bunga Raya No.96 Asam Kumbang Medan.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pendidikan Deli Serdang yang terpih secara Aklamasi Periode 2019 – 2024 Muriadi SH, M.Pd mengenalkan unsur pengurus yang mendampinginya yakni Rajin Sitepu, SH, M.Hum sebagai Wakil Ketua, Fauzi Hasibuan, SE sebagai Bendahara dan Khairul Hizad Sembiring, S.Ag sebagai Kepala Bidang Humas dan Publikasi yang juga Ketua PWI Deli Serdang, memaparkan program dan keinginan untuk menciptakan Pendidikan yang lebih berkualitas, maju sesuai harapan masyarakat Deli Serdang.

Muriadi sapaan akrabnya menambahkan bahwa Dewan Pendidikan Deli Serdang sangat mengharapkan bimbingan dan arahan dari LPMP Sumut guna pencapaian target kualitas mutu pendidikan yang sudah berjalan saat ini.

Muriadi mengapresiasi LPMP Sumut karena sudah banyak melibatkan Dewan Pendidikan Deli Serdang dalam rapat koordinasi untuk kemajuan pendidikan, bahkan sangat diharapkan bisa memberikan kontribusi terbaik didaerah dalam hal diklat untuk mengedukasi pengurus Dewan pendidikan kedepannya untuk dilapangan.

Ditambahkannya bahwa Kepala LPMP Sumut DR.Afrizal Sihotang M.Pd sangat welcome sekali dengan guru guru di Kabupaten Deli Serdang, Muriadi juga dengan bangga mengatakan saat ini Dewan Pendidikan punya corong untuk mempublish semua kegiatan yang ada ke media lewat pengurusnya yang juga Ketua PWI, sehingga masyarakat luas bisa mengetahui kegiatan dan progres dari Dewan Pendidikan lewat Media.

Saat ini Dewan Pendidikan melakukan monitoring dengan kriteria Kurikulum K-13, Sekolah Adiwiyata dan Penggunaan dana Bos.

Dalam Sambutannya DR.Afrizal Sihotang, M.Pd selaku Kepala LPMP Sumut mengatakan sangat berterimakasih atas kunjungan Dewan Pendidikan Deli Serdang yang bisa menjadi teman dalam membina pendidikan Deliserdang.
Yang mana terdahulunya secara tupoksi adalah Balai Penataran Guru (BPG) tempat diklatnya para guru, sedangkan sekarang sejak tahun 2016 berubah menjadi LPMP
yang dipastikan dan dihasilkan adalah satuan pendidikan dalam hal sekolah yang sesuai dengan 8 standard nasional pendidikan.

“Standard tersebut tidak serta merta melihat kondisi sekolah secara kasat mata aja melaikan dengan cara pemetaan dari tahun 2016-2018 dan 2019 sedang dibuatkan dan hasil pemetaannya akan mewujudkan Raport Mutu Sekolah sebagai indikator progres baik tidaknya sekolah yang ada di Seluruh Deli Serdang ujar Afrizal,” terangnya.

Jika ada yang tidak bagus dalam sekolah tersebut kata dia, maka harus diperbaiki secara baik dan benar sesuai dengan standart yang 8 diberikan LPMP lewat Kementrian Pendidikan.

Afrizal Mengharapkan dengan Raport Mutu Sekolah sebagai acuan Pemerintah daerah ,Stake Holder, dan Dewan Pendidikan untuk merencanakan pendidikan yang lebih baik lagi kedepannya.

“Dengan Raport Mutu Sekolah sebagai seorang Dewan Pendidikan tidak perlu repot lagi mengetahui dekolah tersebut dengan meninjau keliling srkolah, cukup dengan datang kekantor sekolah menjumpai operatornya, bilang saya mau lihat Raport Mutu Sekolah yang dikeluarkan LPMP Sumut berdasarkan Kementrian Pendidikan itu saja cukup,” tegas Afrizal.

Dari Raport Mutu Sekolah itu kata dia, bisa diketahui indikator terpenting berapa banyak guru yang sudah bersertifikasi, cek komputernya ada berapa banyak dan seterusnya.

“Standar Mutu Sekolah itu merupakan bahan masukan Bagi Bupati untuk mendapatkan progres pendidikan di Deli Serdang yang lebih baik kedepannya,” papar Afrizal.

Bahkan lanjutnya, sekarang ini ada kriteria dana Bos tambahan selain dari Dana BOS Reguler biasa yang sudah ada kita ketahui Bersama yakni ada lagi dana BOS Kinerja dan Afirmasi ujarnya kepada Wartawan.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Amin
Publisher : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here