L’MC Terus Matangkan Gagasan Dalam Upaya Persiapan Langkah Kegiatan Kongkrit

oleh -48 views
Pengurus LMC sedang membahas dan merumuskan gagasan yang akan di aplikasikan dalan bentuk program nyata.

ACEH TIMUR, Sabtu (19/06/2021) suaraindonesia-news.com – Lembaga Reaseach dan Studies L’Meuriya Centre (L’MC) terus mematangkan ide dan gagasan untuk selanjutnya ditingkatkan ke tahap implementatif, menjalankan langkah-langkah kongkrit menuju tahapan penelitian terhadap issu-issu krusial dan strategis dibeberapa aspek sub sektor bidang pendidikan, bidang pertanian, pertambangan, lingkungan dan budaya.

Ada beberapa point penting yang dibahas dalam sebuah pertemuan pengurus L’MC Jumat (18/06), yang akan ditindaklanjuti secara parsial, yang meliputi program literasi digital, penyelamatan dan pengembangan varietas padi lokal, issu kekerasan terhadap perempuan dan anak, issu lingkungan, dan ekpedisi potensi ekowisata minat khusus dikawasan hutan ekosistem Lokop.

Selain membahas issu strategis, L’MC yang berkedudukan di Kabupaten Aceh Timur juga membahas tentang pematangan terhadap program desa budaya di Gampong Bandrong Peureulak yang sedang berjalan, sebagai salah satu dari beberapa gampong yang nantinya bekerjasama dengan banyak unsur akan diusulkan menjadi bagian dari lokasi pengembangan sebagai pusat kebangkitan peradaban Islam pertama di Asia Tenggara dan juga Gampong Bunin di Kecamatan Serbajadi sebagai pilot project pengembangan sebagai kawasan Gampong Pemajuan Kebudayaan Desa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal di Tahun 2021.

Direktur LMC, Firman Dandy, SE, M. Si pada kesempatan tersebut berharap LMC terus dapat berkontribusi bagi kemajuan dan pembangunan masyarakat di Aceh Timur khususnya dan Aceh pada umumnya.

“Sesuai spirit awal lahirnya LMC yaitu untuk menemukan permasalahan-permasalahan sesuai dengan dinamika sosial kemasyarakatan, selanjutnya mengkaji dan menganalisa sesuai kaidah keilmuan dan akhirnya menyumbangkan solusi komprehensif bagi permasalahan tersebut,” tandas Firman Dandy.

Menurutnya, banyak potensi yang bisa digali dan kaji secara ilmiah, sehingga nantinya menjadi sebuah rekomendasi bagi pemerintah dan stakeholder terkait untuk dikembangkan yang bisa menjadi sumber pendapatan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Peran aktif semua kalangan sangat dibutuhkan, dan di era sekarang ini yang paling besar potensinya adalah peran anak-anak milenial, dengan pemanfaatan semangat besar para milenial yang dikolaborasikan dengan pemanfaatan kemajuan teknologi di era digital saat ini, itu akan menjadi modal penting yang bisa dikelola secara maksimal untuk mencapai keberhasilan penerapan program-program tersebut di masyarakat,” beber Firman Dandy.

Reporter : Masri
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *