Lestarikan Budaya Lokal, Disdik Sumenep Gelar Lomba Mendongeng Bahasa Madura

oleh -197 views
Lomba Mendongeng Bahasa Madura

SUMENEP, Selasa (11/12/2018) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka mempertahan budaya lokal daerah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar lomba mendongeng bahasa Madura untuk para siswa dan Guru Taman Kanak Kanak (TK) Se-Kabupaten Sumenep.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Edi Suprayitno mengatakan kegiatan lomaba mendongeng tersebut digelar demi melestarikan bahasa daerah melalui cerita-cerita dengan menggunakan bahasa madura.

“Kegiatan lomba ini bertujuan agar bahasa daerah tetap menjadi simbol bahwa bahasa Madura tetap lestari, husunya di Madura sendiri,” ucapnya, Selasa (11/12/2018).

Menurutnya, karena tidak sedikat orang madura sendiri tidak mampu bercerita dengan bahasanya sendiri. Dalam bahasa madura terdapat tiga tingkatan bahasa dan penggunaanpun juga berbeda.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep A. Shadik mengatakan lomba budaya berbasis lokal sangat penting, karena dengan begitu kata dia, permainan berbasis lokal akan tetap lestari, termasuk mendongeng bahasa daerah yaitu bahasa Madura.

Karena diketahui generasi muda saat ini khususnya siswa SD dan SMP sudah tidak lagi mengetahui permainan berbasis lokal. Padahal banyak permainan lokal yang kualitasnya sangat bagus dan dapat memberikan kemandiriaan bagi anak didik.

“Upaya seperti ini akan terus kita lakukan sedikit demi sedikit sehingga permainan lokal dan bahasa daerah menjadi aktifitas anak didik sehari hari,” ucap Shadik.

Untuk konten dari dongeng berbahasa Madura kata Shadik, peserta bisa belajar sesuai tinggi rendaknya bahasa. Selain itu juga mengandung nilai nilai pendidikan yang bisa dijadikan pedoman oleh anak didik.

Ia berharap, mendongeng dengan bahasa lokal mampu membiasakan berbahasa madura sesuai tingkatannya. Karena bahasa Madura terdapat tiga tingkatan. Dengan demikian para peserta diharapkan mampu menggunakan bahasa Madura dengan baik dan benar.

Reporter : Ifa
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan