Lembaga Perlindungan Anak Hadiri Peringatan HAN 2019 Kabupaten Deli Serdang

oleh -290 views
Peserta poto bersama Bunda PAUD Deli Serdang Ny Hj.Yunita Ashari Tambunan.(Poto: M. Habil Syah/SI).

DELI SERDANG, Selasa (24/09/2019) suaraindonesia-news.om – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 tingkat Kabupaten Deli Serdang yang dilaksanakan di PPUD (Pusat Promosi Unggulan Daerah) Deli Serdang diikuti oleh Seribuan anak dari berbagai usia terdiri dari siswa – siswi TK/RA, SD, SMP dan SMA se Deli Serdang, Selasa (24/09) Tanjung Morawa. kabupaten Deli Serdang.

Hadir pada acara HAN ini mewakili Bupati Deli Serdang Sekdakab Darwin Zein, S.Sos, Bunda PAUD Deli Serdang Ny Hj.Yunita Ashari Tambunan beserta Bunda PAUD Kecamatan, Danyon 121 MK Mayor Inf Wisnu Joko Saputro beserta istri, Ketua Bhayangkari Polres Deli Serdang Ny Eva Eddy Suryantha Tarigan, para staf ahli, asisten, Kadis P2KB dan P3A Dra. Hj. Rabiatul Adawiyah Lubis, M.Pd, Kepala OPD, para Camat, pengurus PKK, GOPTKI, Dharmawanita persatuan, pengurus Persit KCK, Bhayangkari, para Kepala Sekolah dan guru pendamping serta orang tua murid/siswa.

HAN tahun 2019 mengambil tema “PERAN KELUARGA DALAM PERLINDUNGAN ANAK”, dengan tagline : KITA ANAK INDONESIA, KITA GEMBIRA. Sesuai dengan laporan Kadis P2KB dan P3A sekaligus Ketua Panitia HAN 2019 P3A Dra. Hj. Rabiatul Adawiyah Lubis, M.Pd, dalam laporannya juga Kadis P2KB dan P3A mengatakan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli dilaksanakan sebagai upaya menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak serta keluarga dapat memenuhi pemenuhan hak – hak anak diantaranya hak untuk bermain, berkreasi, berpartisipasi dan tumbuh dan berkembang sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Melalui peringatan Hari Anak Nasional (HAN), diharapkan pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama – sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin hak – hak anak tanpa diskriminasi dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Ketua LPA Deli Serdang Junaidi Malik didampingi M. Habil Syah (Wakil Ketua Bidang Sosialisasi dan Promosi Hak Anak) mengapresiasi sekaligus bangga atas peringatan HAN Tahun 2019 tingkat Kabupaten Deli Serdang yang dilaksanakan oleh Dinas P2KBP3A.

Menurutnya, kegiatan ini adalah bentuk Pemenuhan Hak-hak anak yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh seluruh dunia sebagai wujud tanggung jawab terhadap implementasi konvensi hak anak, sehingga capaian yang diraih hari ini sampai kepada Kabupaten Layak Anak Kategori Madya.

Namun Junaidi mengingatkan, kegiatan ini bukan hanya seremonial belaka untuk menghabiskan anggaran APBD, tetapi menjadi Komitmen Pemerintah daerah untuk mewujudkan kepentingan terbaik anak sehingga seluruh anak di Kabupaten Deli Serdang dapat tumbuh berkembang sesuai dengan harkat dan martabatnya.

“Jangan lagi ada kita dengar anak gizi buruk, anak tidak sekolah, anak terlantar, anak mengalami kekerasan dan anak menjadi korban kejahatan seksual,” tambahnya.

Sesuai dengan tema HAN tahun ini, “Peran keluarga dalam perlindungan anak”, Lembaga Perlindungan Anak Mengajak setiap keluarga untuk meningkatkan upaya perlindungan didalam keluarga dengan memastikan anak-anak tidak terpapar pornografi dan narkoba yang semakin menggerus masa depan anak.

“Keluarga juga harus memberikan tauladan nyata dirumah bagi anak-anak sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapannya,” ujarnya.

Pesan pentingnya kata dia, adalah mari kita lindungi Anak-anak kita, karena mereka adalah aset masa depan kita.

“Selamat Hari Anak Nasional, Gembiralah Anak-anak Deli Serdang,” tutup Junaidi.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan