Layanan Drive-thru Melalui Loket Di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal

oleh -12 views
Foto: Wiwik Anggraeni, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Prodi Administrasi Publik.

Penulis: Wiwik Anggraeni
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Prodi Administrasi Publik

Inovasi dalam pelayanan publik selalu menjadi topik menarik untuk dibahas, terutama ketika kita berbicara tentang bagaimana teknologi dan konsep baru diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi masyarakat. Salah satu inovasi yang patut mendapat apresiasi adalah layanan “Drive-Thru” melalui loket di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal.

Inovasi pelayanan Drive Thru ini merupakan inovasi pelayanan untuk mempermudah dan mempercepat pengambilan produk sertipikat yang telah selesai diproses sebagai langkah digitalisasi seluruh pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal.

Namun, perlu diuji apakah layanan ini lebih efektif dibandingkan dengan pelayanan melalui loket yang telah digunakan sebelumnya. Dalam artikel ini, kita akan meninjau kelebihan dan kekurangan layanan Drive-Thru serta memberikan saran untuk meningkatkan pelayanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal.

Kelebihan Layanan Drive-Thru

1. Layanan Drive-Thru memungkinkan petugas kantor memberikan pelayanan dengan cepat dan efisien. Hal ini sangat membantu dalam mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kepuasan pemohon.

2. Implementasi layanan Drive-Thru menunjukkan kemampuan Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal dalam berinovasi dan mencari cara baru untuk meningkatkan pelayanan. Hal ini dapat meningkatkan citra dan reputasi kantor dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien.

Kekurangan Layanan Drive-Thru

1. Pemohon lebih percaya menggunakan layanan melalui loket dibandingkan dengan layanan Drive-Thru. Ini karena ada faktor kepercayaan, yang membuat pemohon merasa lebih nyaman dengan layanan di loket. Faktor kepercayaan tersebut meliputi unsur kognisi atau pengenalan dan perilaku petugas.

2. Tingkat minat pemohon juga lebih dominan kepada layanan melalui loket. Pemohon lebih memilih mengantri dalam menggunakan layanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan melalui loket lebih efektif dalam meningkatkan minat pemohon.

Untuk meningkatkan pelayanan pertanahan, petugas kantor harus memiliki kualitas yang baik, informatif, dan baik dalam memberikan pelayanan. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dan kepuasan pemohon.

Layanan Drive-Thru di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal unggul dalam hal kecepatan waktu pelayanan dan inovasi. Namun, masih kurang dipercaya dan diminati oleh pemohon. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan kualitas petugas dan integrasi antara layanan Drive-Thru dan layanan loket untuk memperbaiki pelayanan.

Inovasi layanan drive-thru di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal adalah langkah positif dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan mengutamakan kemudahan, kecepatan, dan keamanan, layanan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi instansi lainnya dalam mengembangkan layanan yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Di tengah tantangan dan peluang yang ada, semoga inovasi ini terus berkembang dan memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kendal.

Tinggalkan Balasan