Lapas Kelas II A Jambi Rusuh

Reporter: Inro

Jambi, Rabu malam (01/03/ 2017) suaraindonesia-news.com – sekitar pukul 08.20 wib telah terjadi keributan pada napi dan pembakaran di LAPAS  II A Jambi.  informasi yang didapatkan, awal sebab.

Info awal beredear issu akan ada operasi dalam lapas oleh  BNN, selanjutnya napi siaga untuk melakukan perlawanan.

Kemudian Operasi dilakukan oleh Menkumham Jambi secara gabungan, yang dilaksanakan pada pukul 20.00 wib.

Melihat kedatangan tim gabungan dalam operasi tersebut, selanjutnya napi melakukan perlawanan.

Karena jumlah petugas tidak berimbang  selanjutnya pada pukul 20.30 wib napi melakukan  pembakaran koperasi Lapas, Aula, kantin dan blok khusus wanita.

Sejumlah napi wanita berjumlah 85 orang telah di evakuasi ke imigrasi Jambi dan seluruh blok Napi padam lampu dan situasi dalam keadaan gelap, sebagian napi mengamankan diri di mesjid dalam lapas.

Hingga pukul 23.00 wib napi masih melakukan perlawanan terhadap petugas dan personil gabungan Brimob, Dalmas Polda, Polresta dan TNI telah bersiaga dan melakukan pengamanan terhadap para napi. Sehingga ada beberapa tahanan yang luka-luka dan ada juga yang dilumpuhkan dengan tembakan peluru karet karena melawan petugas dan melakukan pengruskan sarana lapas.

Memasuki pukul 00.10 Wib dilaksanakan dialog antara perwakilan napi berjumlah 20 orang dengan Kalapas, Kakanwil Depkumham, Kapolda Jambi, Danrem Sekda Prov Jambi, Kapolresta Jambi, dan Walikota Jambi.

Dalam dialog perwakilan napi memberi tuntutan diantaranya,pertama,  Meminta agar Kalapas Mundur dari jabatannya. Kedua, Agar pegawai lapas tidak mempersulit urusan para napi.

Ketiga, Harga harga kebutuhan yang dijual sangat tinggi dann memberatkan Napi.

Keempat, Napi tidak menerima razia yang dilaksanakan pada malam hari karena takut terhadap penyusup dari luar personil lapas.

Kelima, Penyampaian aspirasi para napi telah di terima dan kalapas jambi menyatakan akan mengundurkan diri. Serta penyampaian dari kanwil kemenkumham bahwa semua harus melalui mekanisme dan pihak kanwil mengusulkan namun keputusan ada Menkumham.

Selanjutnya kapolda menyampaikan bahwa aspirasi perwakilan napi semua sudah di terima dan akan ditindak lanjuti serta meminta kepada perwakilan napi untuk kembali ke blok masing masing dan memberi penjelasan kepada napi lainnya tentang hasil dialog dan menjaga ketertiban dalam lapas.

Memasuki pada pukul 00.30 wib dialog berakhir.selama dialog berlangsung situasi berjalan aman kondusif.

Personel Polri yang melakukan pengamanan dalam kerusuhan ini dari Sabhara Polda Jambi, Sabhara Polresta Jambi dan TNI yang dilibatkan dalam penanggulngan kerusuhan ini berjumlah 600 orang..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here