Lakukan Pemasaran Secara Digital, Mahasiswa IPB University Berhasil Jual 50 Produk UMKM Dalam 5 Hari Pertama

oleh -89 views
Salah satu industri rumah tangga saat proses produksi makanan.

BOGOR, Rabu (12/08/2020) suaraindonesia-news.com – Desa Sukakerta merupakan salah satu Desa sentra industri rumah tangga. Banyak masyarakatnya membuat produk rumahan terutama makanan, ada emping melinjo, rengginang, renggining dan masih banyak lagi. Bahkan ada satu perkampungan yang hampir seluruh masyarakatnya memproduksi satu komoditas yang sama.

Namun, meskipun produksi dilakukan setiap hari kesejahteraan masyarakat Desa Sukakerta masih tergolong minim. Penyebabnya yaitu minimnya inovasi dan lingkaran pemasaran yang sempit. Emping, rengginang, maupun renggining dikenal sebagai produk khas yang turun temurun diwariskan, mulai dari bentuk, komposisi hingga cara pembuatannya.

Hal ini menyebabkan sulitnya inovasi yang bisa menyesuaikan dengan permintaan pasar. Untuk menjawab tantangan tersebut , mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB mencoba melakukan pemasaran secara digital dengan diawali pembuatan brand dan pengemasan ulang produk.

“Karena mayoritas produk dari UMKM Desa Sukakerta renyah ketika di makan, brand yang kami gunakan adalah KKS (Kress Kress Snack), agar dapat merepresentasikan setiap produknya,” ujar Riska salah satu mahasiswa KKN kepada wartawan, Rabu (12/08).

Riska menambahkan, selain itu pihaknya juga membuat nama tersendiri untuk setiap produknya, seperti Emping Melinjo Sukakerta yang disingkat menjadi EMA, Rengginang Sukakerta atau RASTA, dan yang terakhir yaitu RISTA yang merupakan singkatan dari Renggining Sukakerta.

Harapannya, dengan dilakukannya pemasaran secara digital ini sebut Riska, UMKM Desa Sukakerta dapat memiliki pasar yang sangat luas sehingga senantiasa mampu meningkatkan penjualan produk yang sudah menjadi ciri khas Desa Sukakerta agar UMKM disana dapat semakin berkembang dan mampu bersaing di dunia yang sudah serba digital seperti sekarang ini.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *