Lakpesdam NU Gelar Pengobatan Gratis di Desa Bekas Konflik

Kegiatan pengobatan gratis bagi warga yang tidak mampu

SAMPANG, Suara Indonesia-News.Com – Komunitas NU Muda mengadakan pengobatan gratis bagi warga yang tidak mampu di dusun Nangkernang Desa Karang Gayam Omben dan Dusun Gedding Laok Desa Blu’uran Karang Penang, Rabu (30/09/2015).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Nahdlotun Nisak Center (NNC), Kader Kesehatan Dusun Siaga (Nangkernang-Gedding Laok), Komunitas Rampak Naong (KRN) yang semuanya kader binaan Lakpesdam NU Sampang yang bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Omben, Puskesmas Karang Penang serta Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang.

Kegiatan pengobatan gratis bagi warga yang tidak mampu
Kegiatan pengobatan gratis bagi warga yang tidak mampu

Moh. Suganda, Koordinator KRN mengatakan, Pelayanan kesehatan gratis bagi warga tidak mampu merupakan wujud kepedulian Lakpesdam NU Sampang kepada warga di dua dusun bekas konflik tersebut.

“Melihat masyarakat yang antusias kami para tim sangat senang meskipun capek. Terbukti dari 200 kupon per dusun (Nangkernang-Gedding Laok. red) yang kami sebar 3 hari sebelumnya, malah yang datang lebih dari 300 orang,” katanya.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai jam 08.00 hingga jam 12.00 WIB, Para masyarakat tetap tertib menunggu panggilan sesuai nomor kupon yang telah mereka miliki, sedangkan masyarakat yang tidak memiliki kupon tetap dilayani akan tetapi setelah masyarakat yang sudah memiliki kupon.

Bu Arsani (45) salah satu warga setempat menjelaskan, Bahwa kegiatan pengobatan gratis ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena di samping tempat pelayanan kesehatan yang jauh para masyarakat juga kekurangan dana untuk cek kesehatan dan berobat.

“Kalau bisa sering-sering pak melaksanakan kegiatan seperti ini, karena ini sangat bermanfaat bagi masyarakat miskin dan kalau bisa kuponnya ditambah biar semua dapat,” pintanya dengan tersipu malu.

Pantauan dilapangan Disela-sela pelaksanaan pengobatan gratis para tim medis puskesmas juga meluangkan waktu untuk memberi sosialisasi kesehatan, mereka menghimbau agar warga selalu menjaga dan menganggap penting kesehatan, mereka juga mengarahkan agar warga buang air besar di WC dan tidak menumpuk sampah yang menjadi sarang nyamuk.

Sekedar diketahui pengobatan gratis tersebut adalah rentetan agenda dari hasil Survey Mawas Diri (SMD) yang dilaksanakan satu bulan sebelumnya oleh NNC dan kader kesehatan dusun siaga.(nor/luk).


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here