Kunjungan Wisatawan ke Pamekasan Selama 2018 Alami Peningkatan

oleh -100 views

PAMEKASAN, Senin (31/12/2018) suaraindonesia-news.com – Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pamekasan sepanjang tahun 2018 mengalami peningkatan yang cukup tajam dibandingkan dengan tahun sebelumnya, meskipun hanya mengandalkan dua lokasi daya tarik wisata. Kedua tempat wisata tersebut meliputi Pantai Talang Siring dan Pantai Jumiang.

Sampai dengan bulan Desember 2018 sudah terdata sebanyak 70.110 orang wisatawan yang berkunjung, sedangkan di tahun sebelumya hanya mencapai 17.054 orang saja.

“Upaya kami dari Disparbud dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ada dua strategi.  pertama dengan memperbanyak event, kedua menata dan mempercantik destinasi,” jelas Achmad Sjaifudin, Kepala Disparbud setempat, Senin (31/12/2018).

Lebih lanjut, Achmad Sjaifudin mengatakan bahwa meningkatnya kunjungan wisatawan ke Pamekasan diakuinya tidak lepas dari adanya pembenahan yang sudah dilakukannya selama ini.

Selain itu ia menambahkan, meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung tidak hanya berdampak terhadap pendapatan asli daerah (PAD) secara langsung tetapi juga berdampak pula kepada pendapatan masyarakat.

Sementara untuk tingkat pendapatan dari dua destinasi wisata yang menjadi andalan Kabupaten Pamekasan hingga akhir tahun 2018, sudah melampui bahkan peningkatannya hingga mencapai 200 persen dari target yang dicanangkan pemerintah.

“Ada dua dampak dari apa yang kami lakukan, secara langsung adanya peningkatan hingga mencapai 200 persen terhadap PAD, sedangkan yang tidak langsung melalui pajak retribusi daerah seperti restoran/rumah makan, hotel dan lainnya,” ungkapnya.

“Saya yakin sektor pariwisata adalah sektor yang sangat seksi dan menarik untuk dikembangkan. Potensi pariwisata kedepan harus kita kembangkan lebih baik lagi sehingga jumlah kunjungan wisatawan yang masuk ke Pamekasan semakin meningkat,” pungkasnya.

Lebih lanjut mantan Kadis PU Pengairan itu berharap sektor pariwisata kedepan akan menjadi tulang punggung dan sebagai sektor yang diperhitungkan dalam upaya peningkatan ekonomi daerah dan pendapatan
masyarakat.

Reporter : May/Ita
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *