Kunjungan Siswa SMP 5 Muhammadiyah Ke KPU Surabaya

oleh -28 views

Surabaya, Suara Indonesia-News.Com – Di sela kesibukan melaksanakan tahapan Pilwali Surabaya 2015, KPU Surabaya melayani kedatangan para pelajar SMP Muhammaddiyah 5 Pucang Surabaya. Kunjungan siswa ini tersebut adalah untuk mempelajari secara langsung proses pemilihan pemimpin secara demokratis.

Syafik, salah satu guru pendamping siswa mengatakan bahwa dalam SMP Muhammadiyah 5 Pucang telah menggelar pemilihan Ketua IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) yang berlangsung melalui pemungutan suara. Sebelum pemilihan berlangsung, ada kampanye juga, kata Syafik. Melalui kunjungan ini, para siswa diharapkan bisa lebih banyak mendapat pengetahuan seputar pemilu dan dapat diaplikasikan dalam lingkungan mereka di sekolah.

Kunjungan para siswa ini mendapat sambutan hangat dari komisioner KPU Surabaya yang terdiri dari Komisioner Divisi Hukum, Pengawasan, SDM, dan Organisasi, Purnomo Satriyo Pringgodigdo, SH., MH ; dan Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi, Nur Syamsi, S.Pd.

Kepada para siswa,  KPU Surabaya memberikan pendidikan seputar pemilu dan seluruh rangkaian prosesnya, serta wewenang apa saja yang dimiliki oleh KPU sebagai penyelenggara Pemilu di Indonesia. Dalam kesempatan itu, perwakilan siswa diberi kesempatan untuk melakukan simulasi pemilihan dengan menggunakan perangkat lengkap seperti kertas suara, kotak suara, paku, bilik suara, serta tinta.

Disebutkan Nur Syamsi, kedatangan para siswa ini merupakan hal yang harus diapresiasi. KPU Surabaya mengajak mereka untuk menjadi duta sosialisasi, setidaknya untuk mengingatkan kepada orangtua masing-masing agar ikut berpartisipasi dalam Pilwali untuk menentukan arah pembangunan kota.

Para siswa ini di masa mendatang juga akan menjadi bagian dari masyarakat yang memiliki hak politik, baik untuk dipilih sebagai pemimpin maupun untuk memilih pemimpin. Maka dari itu, adalah hal yang sangat baik apabila sejak dini kepada mereka telah ditanamkan nilai-nilai demokrasi, termasuk di antaranya tata cara kepemiluan, urai Syamsi.

Di akhir kunjungan, Para Siswa SMP Muhammadiyah Pucang Surabaya memberikan kenang-kenangan berupa kertas berbentuk hati serta lima sapu lidi yang mewakili Surabaya Utara, Surabaya Timur, Surabaya Barat, Surabaya Selatan, dan Surabaya Tengah. Begitu juga KPU Kota Surabaya juga memberikan kenang-kenangan berupa asesoris kampanye yaitu Mug, Pulpen, Pin dan gantungan kunci yang isinya berkaitan dengan ajakan memilih di 9 Desember 2015 mendatang.(Adhi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *