KSM Al-Kautsar Kelola Sanimas Dengan Baik Raih Prestasi Jatim

oleh -155 views
FALAHUDIN DAN REKAN

Sumenep, Suara Indonesia-News.Com – Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sanitasi Masyarakat (Sanimas)  Al-Kautsar Desa Sentol Daya Kecamatan Pragaan, berhasil meraih Juara II pelaksana Sanimas tingkat Propinsi Jawa Timur. Sedangkan sebagai Juara I Sanimas Taklor Berseri Kelurahan Jagalan Kematan Magersari Mojokerto, dan disebagai Juara III KSM Sanimas Al-Hidadayah Dusun Rejoso Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto.

Kepala Seksi Penyelenggara Sanitasi Dinas PU. Cipta Karya Kabupaten Sumenep, Dedi Falahuddin, ST, MT,  mengakui KSM Sanimas Al-Kautsar mampu meraih prestasi tingkat Propinsi Jawa Timur, karena Sanimasnya memang dikelola dengan baik.

“yang jelas KSM Sanimas Al-Kautsar memiliki keunggulan di bidang pengelolaan kelembagaan, teknis, keuangan dan hal inovatif yang dapat diunggulkan.”ungkapnya.

Dijelaskan, selain terkait kelembagaan yang baik, KSM Sanimas Al-Kautsar memiliki keanggotaan yang memiliki peran tersendiri sesuai dalam struktur. Disamping itu, juga adanya pengelolaan keuangan dengan iuran dan ada keuntungan dalam kegiatan usahanya.

Misalnya saja, dalam kegiatan pertokoan yang ada serta ditempati penjual bahkso dari masyarakat dan memberikan kotribusi untuk pemeliharaan Sanimas. Serta kondisi sanimas dari segi tampilan dan perawatan cukup baik. Bahkan, dari hasil laboratorium limbah juga baik, sedang inovatifnya adalah dalam pengelolaan sampah menjadi uang.

“dan yang penting pula KSM Al-Kautsar ini, meski kecil memiliki rencana kedepan, untuk memiliki sumber air yang akan dialirkan ke masyarakat yang ada dibawah, dan rencana pembangunan Poskesdes dilantai atas.”tambahnya. (ren)

Tinggalkan Balasan