KPU Kota Surabaya Bakal Gelar Debat Terbuka Pilwali Episode Pertama

Ilustrasi

SURABAYA, Suara Indonesia-News.Com – Untuk pertama kalinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menggelar acara debat terbuka untuk kedua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya, Jumat (30/10/2015). Rencananya, debat semacam ini akan digelar sebanyak tiga kali sebelum pemungutan suara dilakukan pada 9 Desember 2015.

Debat terbuka perdana ini yang berlangsung Jumat petang, bertempat  di Dyandra Convention Center. Pada kesempatan kali ini KPU Kota Surabaya bekerja sama dengan Kompas TV guna menyiarkan secara langsung debat terbuka Pilwali Kota Surabaya itu. Dengan demikian debat ini bisa disaksikan secara langsung oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Ketua KPU Surabaya, Robiyan Arifin menyatakan, agenda debat ini diharapkan dapat dipakai secara khusus oleh kedua pasangan calon untuk memaparkan visi-misinya sehingga bisa diketahui secara langsung oleh publik Kota Surabaya, kata Robiyan.

Robiyan menyatakan dalam acara Debat Terbuka Pilwali episode pertama ini akan terbagi dalam lima segmen. Di segmen pertama, kedua pasangan calon diberi kesempatan untuk memaparkan visi misinya. Selanjutnya di segmen kedua, moderator, dalam hal ini adalah Reporter senior Rosiana Silalahi, akan melontarkan pertanyaan kepada semua pasangan calon sebagai penajaman visi dan misi. Sedangkan di segmen-segmen berikutnya, masing-masing pasangan calon akan diberi waktu untuk berdebat dan saling melontarkan pertanyaan serta memberikan tanggapan.

Intinya sejumlah segmen itu dibuat agar masyarakat dapat secara lebih dalam mengenal paslon termasuk program-program unggulan yang menjadi prioritas seandainya nanti terpilih, ungkapnya.

“Karena itu semua pasangan calon kami harapkan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa maksimal penampilannya dalam Debat Terbuka Pilwali Kota Surabaya tersebut. Karena perlu diketahui acara debat kali ini akan dipandu oleh Rosiana Silalahi yang memang sudah terkenal sangat pandai memfasilitasi acara debat terbuka,” ujarnya.

Dalam acara debat terbuka tersebut masing-masing paslon mendapat kesempatan untuk mengajak para pendukungnya. Selain itu, acara itu juga mengundang sejumlah pihak seperti Forpimda, penyelenggara Pilwali, akademisi, dan kalangan pekerja pers.

Sementara itu, Komisioner KPU Surabaya divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi, mengajak masyarakat untuk beramai-ramai menyaksikan tayangan debat terbuka ini. Dengan demikian, pada saat pemungutan suara mendatang, mereka sudah tahu calon mana yang akan mereka pilih untuk memimpin Surabaya.

Selain lewat televisi, debat juga bisa disaksikan melalui streaming di website KPU Surabaya. Untuk mengaksesnya cukup masuk ke alamat www.kpu-surabayakota.go.id/streaming/ . Dengan menyaksikan debat, masyarakat sebagai pemilih akan tahu bagaimana profil masing-masing pasanganc alon. Harapannya, pada 9 Desember 2015 mendatang masyrakat akan menggunakan hak pilihnya secara bijak demi kemajuan Surabaya, ujar Nur Syamsi.(Adhi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here