KPRL Program Unggulan Dispertan Sumenep 2013

oleh -55 Dilihat

Sumenep, Suara Indonesia – Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sumenep, memiliki program unggulan yang Program unggulan yang akan dilaksanakan tahun 2013, yakni pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kabupaten Sumenep, Roby Firmansyah W, SE,MM kepada wartawan menjelaskan melalui program KRPL tersebut bertujuan untuk optimalisaasi pekarangan milik masyarakat agar bisa ditanami berbagai jenis tanaman agrobis.

“Yakni dengan menanam sejumlah tanaman seperti sayuran, lombok, terong, tomat, jagung dan tanaman lainnya, sehingga bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari tanpa harus belanja.”Ujarnya.

Bahkan, tegas Roby, program KRPL tidak hanya untuk tanaman agribis, namun bisa juga memeliharan ternak, seperti ayam, itik bahkan bisa budidaya ikan lele dan sebagainya yang intinya memanfaatkan pekarangan disekitar rumah untuk memiliki nilai plus.

Dijelaskan, sebenarnya, program KRPL juga sudah dilaksanakan tahun 2012 lalu, yakni dari APBD Propinsi kepada 3 Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa. Yang mendapat bantuan setiap dessa sekitar Rp. 50 juta yang pelaksanaannya juga dikoordinasikan dengan PKK.

“Rencananya, Sumenep kembali akan mendapat program KRPL tahun 2013 , yakni sebanyak 8 kelompok dari APBD Propinsi Jatim dan 3 kelompok dari APBN.”Tambahnya.(ren)

Tinggalkan Balasan