KPM Support Pemekaran Kota Pamekasan Sebagai Syarat Madura Provinsi

oleh -173 views
Foto istimewa : Pulau Madura yang seluruh elemen masyarakatnya siap melepaskan diri dari Provinsi Jawa Timur, dan mendirikan Provinsi Madura. (Foto: Istimewa/SI).

SAMPANG, Minggu (13/12/2020), suaraindonesia-news.com – Ketua umum Komunitas Peduli Madura (KPM), Joko Wiratno, SE, M.IKom, mensupport Bupati dan Ketua DPRD Pamekasan, agar melakukan pemekaran Pamekasan, menjadi Kabupaten/ Pemkot, sebagai syarat kelengkapan pulau Madura, menjadi Provinsi.

“Yang paling memungkinkan untuk melakukan pemekaran Kabupaten Pamekasan, yaitu menjadi Kabupaten/Kota. Sebab, Pamekasan sejak dulu merupakan wilayah Residen pembantu Gubernur Jawa Timur, dan saat ini Bakorwil IV Pamekasan Provinsi Jawa Timur,” terang Ketum KPM Djoko Wiratno, didampingi Sekum KPM Andurrofik, SH, saat mengunjungi kantor Biro suaraindonesia-news.com.

Jadi tambah Djoko, melihat histori sejarahnya sangat pas dan cocok untuk menjadi Pemprov Madura. Saat ini, yang terpenting syarat-syarat menjadi Provinsi Madura dipenuhi terlebih dahulu, yaitu pemekaran Pamekasan menjadi Pemkot Pamekasan.

“Karena syarat untuk menjadi Provinsi Madura, tinggal satu syarat yaitu, pemekaran salah satu dari 4 Kabupaten menjadi Kabupaten atau Pemkot. Saat ini yang sangat memungkin untuk di mekarkan Kabupaten Pamekasan yaitu menjadi Kabupaten/Pemkot Pamekasan,” imbuhnya.

Menyikapi perkembangan adanya keinginan besar Madura menjadi Provinsi, seorang tokoh masyarakat (Thomas), yang juga penggagas dan pembina Forum Sampang Hebat (Forsa Hebat), Salehoddin atau lebih akrab disapa Saleh CPM, mengatakan sangat bagus dan mendukung. Untuk perkembangan dan kemajuan pulau Madura, agar bisa membangun dan menata dirinya sendiri.

“Yang penting adanya arus atau keinginan besar menjadi Provinsi Madura ini, merupakan keinginan bersama dari seluruh elemen masyarakat Madura, di 4 kabupaten yang ada. Sehingga, pencapaiannya selaras dan sejalan. Hal terpenting, persiapan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) nya,” urai Saleh CPM, yang juga mantan pasukan pengamanan presiden (Paspampres) di era Presiden Soeharto ini.

Sekedar diketahui, dari hasil kajian dan aspirasi yang diterima Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan dilaporkan pada Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin, yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD), ada 4 Provinsi Baru yang layak mendapat perhatian Pemerintah yaitu, Pertama, Provinsi Kapuas Raya di Provinsi Kalimantan Barat. Kedua, Provinsi Bolang Mangondow Raya di Provinsi Sulawesi Utara. Ketiga Provinsi Tapanuli Raya di Provinsi Sumatera Utara. Dan keempat, Provinsi Madura di Provinsi Jawa Timur.

Reporter : Nora/Luk
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *