Kota Probolinggo Jumlah Terkomfirmasi Positif Covid-19 Bertambah 1 Orang, Total Menjadi 53 Orang

oleh -24 views
Peta sebaran COVID-19 di Kota Probolinggo per 29 Juni 2020.

PROBOLINGGO, Senin (29/6/2020) suaraindonesia-news.com – Jumlah orang terkomfirmasi positif Covid-19 di Kota Probolinggo, Jawa Timur pada akhir-akhir ini terus bertambah. Pada 28 Juni kemarin jumlah terkomfirmasi positif Covid-19 ada 52 orang, hari ini Senin (29/6/20) bertambah 1 orang positif baru. Sehingga per hari Senin (29/6/20) jumlah yang positif Covid-19 menjadi 53 orang.

Perkembangan jumlah orang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut disampaikan oleh Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin selaku Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo, saat merillis Update data perkembangan Covid-19, Senin (29/6/20) malam.

Hadi Zainal Abidin mengungkapkan, kedisiplinan menjadi obat paling mujarab dalam mencegah penularan Covid-19. Untuk itu ia menghimbau seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah harus betul – betul disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Misalnya, wajib menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah; selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir; menyediakan hand sanitizer untuk digunakan dalam keadaan darurat dan menjaga jarak dengan orang lain,” tuturnya.

Hadi Zainal Abidin juga mengatakan, menjaga kebersihan dan kesehatan juga tetap harus diutamakan agar kondisi imunitas tubuh selalu terjaga. Pemerintah Kota Probolinggo bersama TNI-Polri selalu berupaya maksimal memberikan edukasi dan tindakan tegas kepada masyarakat agar tetap disiplin.

“Untuk itu, masyarakat juga harus menanamkan kedisiplinan dalam diri sendiri,” serunya.

Ia sebutkan, data update Covid-19 di Kota Probolinggo pada Senin, 29 Juni 2020 menunjukkan pergerakan baru.

“Ada satu tambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 yang saat ini dirawat di rumah sakit di Surabaya. Pasien berjenis kelamin laki-laki, berusia 50 tahun dari Kelurahan Sumber Taman, Kecamatan Wonoasih ini adalah keluarga dari pasien yang pernah dirawat di Surabaya,” terangnya.

Menyikapi banyaknya pasien lanjut usia (lansia) yang terkonfirmasi positif Covid-19, ia sampaikan, bahwa Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo mengimbau secara khusus untuk lansia yang beresiko tinggi terinfeksi Covid-19 agar menghindari kerumunan dan bepergian, selalu menggunakan masker dan membiasakan cuci tangan, makanan makanan yang bergizi dan suplemen yang cukup untuk menjaga kondisi tetap sehat.

Saat ini, lanjutnya, juga ada tambahan empat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baru yaitu laki-laki 51 tahun dari Kelurahan Triwung Kidul, perempuan 46 tahun dari Kelurahan Mangunharjo, perempuan 27 tahun dari Kelurahan Mayangan dan laki-laki 25 tahun dari Kelurahan Pakistaji, sebut Habib Hadi sapaan akrabnya.

Namun ada kabar gembira dan patut disyukuri, ada satu pasien COVID-19 dinyatakan sembuh hari ini, adalah anak-anak (usia 10 tahun) dari Kelurahan Sumber Taman yang dirawat di Surabaya.

Ia jelaskan, update COVID-19 secara umum di Kota Probolinggo: ODP sejumlah 373 orang, dalam pemantauan 14 orang, selesai pemantauan 359 orang.

PDP sejumlah 40 orang, PDP baru 4 orang, dalam pengawasan 8 orang, selesai pengawasan 27 orang, meninggal 5 orang.

Konfirmasi positif 53 orang, konfirmasi positif baru 1 orang, sembuh baru 1 orang. Dirawat di RSUD dr Moh Saleh Kota Probolinggo 12 orang, dirawat di Surabaya 4 orang. Sembuh 34 orang, meninggal 3 orang.

RSUD dr Mohamad Saleh juga merawat pasien konfirmasi positif COVID-19 dari luar kota sebanyak 5 orang. Dengan rincian dari Kabupaten Probolinggo 2 orang, Kabupaten Pasuruan 1 orang, Kota Sidoarjo 1 orang, dan dari Kota Surabaya 1 orang, pungkas orang nomor satu di kota probolinggo ini.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *