Kota Batu Siap Tercemar Air Limbah Rumah Sakit Tanpa IPAL

oleh -4 views
Pemandangan Salah Satu Rumah Sakit di Kota Batu

Suara Indonesia-News.Com, Kota Batu – Yang wajib diketahui bahwa rumah sakit bersih adalah tempat pelayanan kesehatan yang dirancang dan dioperasikan serta  dipelihara dengan sangat memperhatikan aspek kebersihan lingkungan, bangunan dan halaman baik fisik, sampah, limbah cair, air bersih dan lain sebagainya, ” ungkap  Fransiskus. A. Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat Lingkungan, dikantornya. Selasa (03/03/2015)

Menurut pria asli Jakarta ini, untuk menciptakan kebersihan di rumah sakit merupakan upaya yang cukup sulit dan bersifat kompleks berhubungan dengan berbagai aspek antara lain budaya/ kebiasaan, perilaku masyarakat, kondisi lingkungan, social, teknologi dan sebagainya.

Kata dia, limbah rumah sakit sangat berbahaya, karena limbah tersebut dihasilkan oleh kegiatan rumah sakit dan kegiatan penunjang lainnya. Menurutnya ada beberapa klinik bersalin, rumah sakit di Kota Batu yang belum atau tidak memiliki pengelolaan limbah yang  dihasilkannya, khususnya limbah medis yang infeksius yang  tidak di kelola dengan baik Bila kondisi tersebut dibiarkan maka sangat mungkin jika limbah tersebut mencemari air dan lingkungan  sekelilingnya, dan itu sangat berbahaya, ” tandasnya.

Sebagian besar, kata dia,  pengelolaan limbah infeksius disamakan dengan limbah medis noninfeksius, selain itu, kata Fransiskus,  kita menemukan limbah itu kerap bercampur limbah medis dan non medis yang justru memperbesar permasalahan limbah medis.

Sebenarnya, kata dia, Pengolahan limbah rumah sakit dapat dilakukan dengan berbagai cara, tetapi yang perlu diutamakan adalah sterilisasi, yakni berupa pengurangan dalam volume, penggunaan kembali dengan sterilisasi lebih dulu, daur ulang dan pengolahan Dan ada  yang perlu diperhatikan serta dipertimbangkan dalam pengolahan limbah adalah pemisahan limbah, penyimpanan limbah, penanganan limbah dan pembuangan limbah, ” pungkasnya. (Kurniawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *