Kopi Organik Semeru Produk Andalan Desa Pasrujambe

oleh -127 views
Bupati Lumajang saat petik merah di kebun milik kelompok tani.

LUMAJANG, Jumat (9/10/2020) suaraindonesia-news.com – Desa Pasrujambe merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jatim, punya produk andalah kopi organik.

Menurut Kepala Desa (Kades) Pasrujambe, Sugianto, kepada media ini menjelaskan kalau mayoritas masyarakat Desa Pasrujambe, dengan memanfaatkan lahan pertaniannya. Kata Sugianto, para petani itu dengan berkebun jenis tanaman yang ditanam sangat beragam salah satunya adalah berkebun kopi, baik jenis Robusta atau jenis Arabika.

“Kopi ini termasuk kelompok tanaman semak belukar dengan genius Coffea. Kopi termasuk ke dalam family Rubiaceae, subfamily lxoroideae, dan suku Coffeae,” ungkap pria yang suka bertani ini.

Dengan melimpahnya tanaman kopi di wilayah Desa Pasrujambe, Sugianto menggandeng PT Media Bergerak Nusantara (MBN) untuk meningkatkan nilai jual hasil produksi dan keragaman jenis kopi.

Dikatakan Sugianto, masyarakat Desa Pasrujambe membentuk kelompok tani yang dibawah naungan Kades dan Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Lumajang, bernama “Sido Makmur” yang bertempat di Dusun Plambang, Desa Pasrujambe.

Dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan program yang dicanangkan Kades Pasrujambe ini disambut dengan kehadiran Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) bersama istri yang didampingi oleh ibu – ibu Forkopimda, Dinas Kominfo, Diperta, Forkopimca, Kades bersama ibu – ibu pemgurus dan Ketua TP PKK Kecamatan Pasrujambe, saat melakukan kunjungan di kelompok tani Sido Makmur.

“Saya ingin mengalami langsung proses pengolahan kopi organik dari proses pemanenan sampai disajikan di gelas untuk saya nikmati beserta rombongan,” papar Cak Thoriq.

Bupati Lumajang berpesan kepada para petani kopi, bahwa dalam melakukan pemanenan kopi jangan lupa yang dipetik adalah buah kopi berwarna merah. Karena dengan petik kopi yang merah, kata politisi PKB ini, pasti akan menjadikan kopi yang berkualitas serta rasanya akan menjadi lebih gool.

Dan salah satu kopi unggulan kelompok tani Sido Makmur adalah “Kopi Wine” istilah ini diambil dari pendapat para pencinta kopi yang merasakan bahwa ada rasa anggur dalam kopi ini.

Informasi yang diperoleh dari kelompok tani, bahwa kopi Wine merupakan hasil kopi yang dipermentasikan selama kurang lebih 1 (satu) setengah bulan. Air yang gunakan dalam penyeduhan kopo Wine, adalah air yang mendidih dan harus didiamkan sejenak selama 5 menit agar dapat menghasilkan aroma dan rasa Wine nya. (adv)

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *