Komonitas Akik Kota Probolinggo Promosikan Akik King Bromo

oleh -132 views

Suara Indonesia-News.Com, Probolinggo – Dengan melambungnya batu akik pada akhir-akhir ini membuat penggemar Batu Akik di Kota Probolinggo membentuk Komonitas tersendiri.

Komonitas yang diketuai oleh H.Usman pemilik Hostel Darma Kota Probolinggo, Senin (23/2/15) melaunching Komonitas bursa Batu Akik di Halaman Hostel Darma sisi timur dengan diikuti oleh sekitar 30 orang peserta bursa  batu akik di Kota Probolinggo.

H. Usman mengatakan bahwa dirinya hanya memfasilitasi dengan tujuan membangun silaturahmi dan ditampung biar tidak liar, ujarnya.

Bursa rencana diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu, khusus hari Minggu bursa dilaksanakan di dua tempat. Yaitu di Hostel Darma dan di Musium Kota probolinggo di jalan Suroyo.

“Bursa ini sendiri tujuannya adalah meningkatkan nilai batu akik secara ekonomi. Batu akik yang standart dipatok dengan harga Rp.250 ribu,- hingga Rp.350 ribu,” kata H.Usman.

Bulan depan kami akan undang para komonitas batu Akik dari luar kota Probolinggo, seperti dari: Surabaya, Mojokerto, Gempol, Pasuruan dan Lumajang, untuk mengikuti bursa disini (Kota Probolinggo), sekaliayan kami perkenalkan dengan Batu Akik Jenis King Bromo yang asli dari gunung bromo, ujar H. Usman.

Sementara itu, Roni, warga jalan Cokro Aminoto Keurahan Kebonsari Kulon Kota Probolinggo, salah satu peserta komonitas peserta bursa yang mengerti tentang batu akik mengatakan, Batu Akik jenis King Bromo ini diketemukan baru kurang lebih 4 (empat) bulan lalu. Jenisnya ada 3 (tiga) macam, yaitu: 1).King Bromo Hitam, warnanya hitam kelam. 2).King Bromo Cocolate, warna agak kecoklatan seperti rumah semut. 3).King Bromo Widodaren, warna agak kemerah-merahan, terang Roni.

Roni juga mengatakan batu Akik King Bromo ini ciri-cirnya mengandung kadar besi yang tinggi, cara pengambilan Akik king bromo ini nunggu setelah adnya hujan yang deras, karena keberadaan batu king bromo ini menempel ditebing gunung, setelah hujan deras batu jenis King bromo ini akan terbawa air ke bawah. Tapi tidak semua orang tau tentang batu king bromo ini, Ucapnya.

Lebih lanjut Roni mengatakan, percaya atau tidak untuk mengambil batu akik king bromo ini tidak semudah mengambil batu di sungai, tapi ada ritualnya tersendiri. Sementara ini permintaan batu akik King Bromo paling banyak dari Kalimantan. kalau disini di Probolinggo dan sekitarnya yang memakai Akik King Bromo mayoritas WNI keturunan.

Bentuk/modelnya memang saya desain kotak maksudnya biar ada ciri tersendiri, kata Roni menambahkan. (Singgih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *