Komite K3 RSUD dr H Moh Anwar Sumenep Isi Seminar Pencegahan dan Penanggulangan HIV di Instika

oleh -41 views
Ibu Endah Pratamaningtyas, Sp. PD (kanan) dan Bapak Arman Edika Putra, SKM, M. Kes saat mengisi mengisi seminar di Instika Guluk - Guluk

SUMENEP, Selasa (23/4/2019) suaraindonesia-news.com – Komite K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) RSUD. dr. H. Moh. Anwar Sumenep mengisi seminar Pencegahan dan Penanggulangan HIV di Institut Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk – Guluk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Selasa (23/4).

Seminar yang bertajuk “Pencegahan dan Penanggulangan HIV bagi Mahasiswa INSTIKA” tersebut mendatangkan dua pembicara dari RSUD dr. Moh. Anwar, dr. Endah Pratamaningtyas, Sp.PD dan Arman Endika Putra, SKM, M.Kes.

Dalam seminar ini dilakukan diluar Rumah sakit untuk masyarakat sekitar yang sebenarnya bukan area wilayah kerja rumah sakit.

“Ini adalah promosi luar wilayah rumah sakit, karena kita sadari bahwa HIV ini seolah – olah tidak ada tetapi sebenarnya banyak, yang diketahui positif itu hanya yang aktif melakukan pemeriksaan kesehatan,” tutur Arman.

Menurut Arman, Seminar ini dilakukan di INSTIKA Guluk – Guluk bukan karena disana banyak terkena HIV, tetapi ini untuk kegiatan rumah sakit luar gedung dan bentuk kepedulian Rumah Sakit.

“Lokasi ini mengajukan permintaan untuk sosialisasi dan kita setujui bukan karena di Guluk – Guluk ini banyak penderita, bukan seperti itu, tetapi ini adalah bentuk kepedulian kami saja,” Jelas Arman.

“Tempat lain tidak kami tentukan, tetapi kemaren kita juga bikin kegiatan di car free day dengan tema yang berbeda, yaitu kami angkat tema Kanker serviks tentunya disesuaikan dengan peringatan saat itu, peringatannya saat itu hari kartini wanita – wanita ibu kita yang harus juga kita jaga”. imbuh Arman.

Sementara itu, dr Endah Pratamaningtyas menjabarkan tujuan dari sosialisasi ini, dengan maksud agar masyarakat bisa mengetahui lebih dalam tentang HIV, dan bisa mengajak masyarakat disekitar untuk melakukan penjegahan dan penanggulangan HIV.

“Bila ada masyarakat sekitar yang terkena HIV, jangan sampai dikucilkan karena HIV tidak gambang menular hanya karena hubungan sosial, tetapi HIV bisa menular melalui darah seperti ibu kepada anak, berhubungan seks dan menggunakan jarum suntik secara bergantian,” terangnya.

Untuk itu, ia meminta untuk tidak mengucilkan orang yang terkena HIV, tetapi tetap di gandeng.

Reporter : Halis
Editor : Amin
Publisher : Dewi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *